Wednesday, March 9, 2016

Samsung luncurkan sensor kamera Dual Pixel dengan teknologi DSLR untuk smartphone


Samsung Electronics hari ini mengumumkan sensor kamera 12 megapiksel (Mp) terbaru untuk smartphone, yang akan meningkatkan kualitas foto melalui ponsel. Sudah di produksi massal, sensor kamera berbasis 1.4μm-pixel ini dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel yang telah disediakan untuk kamera DSLR. Teknologi ini memungkinkan auto-focus yang sangat cepat untuk mengambil foto secara cepat sambil menghasilkan kualitas gambar premium pada perangkat mobile, bahkan dalam situasi cahaya yang rendah.

"Dengan 12 juta piksel yang bekerja sebagai agen phase detection auto-focus (PDAF), sensor kamera baru membawa kinerja auto-fokus profesional untuk perangkat mobile," kata Ben K. Hur, Wakil Presiden Pemasaran, System LSI Business di Samsung Elektronik. "Konsumen akan bisa mengabadikan peristiwa sehari-hari dan momen berharga secara langsung dari smartphone sebagai momen yang terungkap, terlepas dari kondisi pencahayaan."

Sensor kamera baru Samsung dengan teknologi Dual Pixel yang mempekerjakan dua foto dioda yang terletak di bagian kiri dan kanan dari pixel, sementara sensor kamera konvensional mendedikasikan kurang dari lima persen piksel, dengan masing-masing foto dioda yang mengubah partikel cahaya menjadi arus foto terukur untuk deteksi fase. Dengan setiap pixel dari sensor kamera Dual Pixel ini mampu mendeteksi perbedaan fase cahaya yang dirasakan, maka secara signifikan auto fokus yang lebih cepat akan dimungkinkan. Melalui terobosan perbaikan tersebut, sensor kamera memastikan gambar yang jelas dan tajam terutama untuk benda bergerak bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk.

Sensor kamera ini juga telah mengadopsi teknologi ISOCELL dari Samsung, yang mengisolasi foto dioda di setiap pixel dengan dinding fisik untuk mengurangi cross talk daei warna, sehingga memaksimalkan kinerja sensor kamera.

Untuk kinerja terbaik sekaligus menjaga ukuran tetap minimal, sensor kamera baru ini dibangun dengan teknologi chip-stacking yag canggih. Tumpukan sensor 65 nanometer (nm) dari sensor kamera Dual Pixel dan chip logic 28nm secara bersama-sama akan menghadirkan pengalaman memotret yang luar biasa dari smartphone yang ramping.

Berikut ini sampel foto yang diambil melalui sensor Dual Pixel di Samsung Galaxy S7. Klik untuk memperbesar.





No comments:

Post a Comment