Thursday, March 17, 2016

Samsung kembangkan sepeda motor pintar bersama Yamaha


Samsung Electronics mengungkapkan sebuah teknologi baru yang akan menambah tampilan layar yang terhubung ke kaca depan sepeda motor. Samsung bekerja sama dengan produsen sepeda motor Yamaha asal Jepang pada prototipe Smart Windshield yang baru, dan menerapkan teknologi ini pada skuter Yamaha Tricity beroda tiga.

Samsung Smart Windshield menunjukkan informasi mengenai layar penunjuk transparan dengan peletakan mirip perisai sehingga tidak akan mengaburkan pandangan pengendara. Layar ini terhubung dengan smartphone melalui konektivitas Wi-Fi. Sebuah aplikasi pada smartphone akan menunjukkan di layar, diantaranya tentang arah navigasi melalui GPS serta notifikasi akan panggilan telepon masuk, pesan dan email. Aplikasi ini juga dapat secara otomatis mengirim balasan berupa teks ke panggilan masuk, memberitahu pemanggil bahwa Anda sedang berada di jalan dan saat ini tidak bisa menjawab telepon.


"Kami sangat bangga bisa mendukung proyek Smart Windshield dan melakukannya dengan skuter terbaik dari Yamaha untuk mewujudkan tujuan dari inisiatif ini: Tricity," kata Andrea Colombi, manajer Yamaha Motor Eropa cabang Italia. "Hasil dari kolaborasi ini untuk melihat teknologi pintar yang diterapkan pada mobilitas baru untuk keamanan dan manajemen yang sepenuhnya sejalan dengan visi Yamaha yang bertujuan untuk menciptakan produk yang dikembangkan untuk melampaui harapan masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang berbeda, sehingga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari cara hidup mereka."

Smart Windshield bisa jadi nantinya akan menjadi perwujudan dari teknologi komunikasi antar sepeda motor yang disebut Cooperative-Intelligent Transportation Systems (C-ITS) yang dikembangkan oleh Connected Motorcycle Consortium yang didirikan oleh BMW Motorrad, Honda dan Yamaha pada Oktober tahun kemarin. C-ITS ini mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi serta infrastruktur transportasi yang akan dikirim antara kendaraan secara real-time untuk memperingatkan pengendara dari potensi tabrakan di persimpangan, termasuk laju kendaraan yang mungkin tidak terlihat.

Konsep prototype dari Samsung Smart Windshield pada Yamaha Tricity bisa dilihat melalui video berikut:



No comments:

Post a Comment