Sunday, February 14, 2016

Tizen bakal absen di MWC 2016

Tizen di MWC 2013

Tidak seperti 3 tahun sebelumnya, Tizen Association bakal absen di pameran industri mobile sedunia Mobile World Congress (MWC) tahun ini yang akan berlangsung minggu depan di Barcelona, Spanyol. Samsung Electronics memilih untuk membuat acara sendiri yang berhubungan dengan OS Tizen seperti halnya Apple dengan iOS miliknya agar lebih fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Menurut sumber resmi dari Samsung Electronics hari ini, tidak akan ada stan khusus dari mereka maupun Tizen Association yang didekasikan untuk memamerkan produk Tizen tahun ini. "Tahun ini di MWC tidak ada stan terpisah yang terkait dengan Tizen," kata juru bicara dari Samsung Electronics. "Di masa depan akan lebih fokus pada acara Tizen untuk pengembang dan acara lainnya yang lebih relevan."

Stan Samsung di MWC 2016 serta perusahaan lainnya seperti Intel juga tidak akan sebesar dan semegah tahun-tahun sebelumnya. Dan seperti biasanya perusahaan seperti Apple, Google dan Microsoft akan absen karena sudah memiliki acara sendiri.

Tizen pertama kali hadir di MWC dengan stan sendiri pada tahun 2013, yang juga bertepatan dengan peluncuran Tizen Association, dan terus berpartisipasi hingga tahun lalu selama 3 tahun berturut-turut. Namun mulai akhir tahun kemarin telah banyak diadakan acara terpisah yang terkait dengan OS Tizen, apakah itu peluncuran produk baru atau yang berkaitan dengan acara buat pengembang Tizen di seluruh dunia. Hal ini juga berkaitan dengan ketiadaan agenda baru dari Tizen Association, yang praktis sekarang hanya Samsung sendirian yang punya kepentingan jangka pendek dengan OS Tizen yang dikembangkannya.

Tizen di MWC 2014

Di bulan April mendatang akan diadakan Samsung Developer Conference (SDC) 2016 di San Fransisco dengan Tizen mendapatkan porsi pembahasan terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya yang masih mengikutsertakan Android. Dengan selisih waktu kurang dari dua bulan, tampaknya Samsung lebih memilih berkonsentrasi pada SDC 2016 daripada MWC 2016. Selain itu masih akan ada acara rutin tahunan Tizen Developer Summit dan Tizen Developer Conference di tahun ini juga.

Berbagai produk baru Tizen seperti Samsung SUHD TV 2016, kulkas Samsung Family Hub dan Samsung Gear S2 Classic New Edition sudah diluncurkan di pameran elektronik terbesar Consumer Electronic Show (CES) 2016 pada awal Januari kemarin di Las Vegas, yang dilanjutkan dengan acara regional tahunan Samsung Forum 2016 di berbagai wilayah seperti Asia Tenggara, Asia Selatan dan Eropa untuk lebih mendekatkan diri dengan pasar yang dituju.



No comments:

Post a Comment