Samsung TV PLUS meluncur ke Asia Tenggara


Samsung Electronics mengumumkan peluncuran TV PLUS, layanan video "virtual channel" pertama di dunia, saat berlangsungnya acara Samsung Southeast Asia Forum 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada hari Senin kemarin.

TV PLUS adalah jenis layanan video-on-demand (VOD) yang memungkinkan pengguna yang memiliki Tizen TV dari Samsung yang terhubung ke Internet untuk menonton berbagai pilihan konten secara gratis. Berbagai "channel" akan ditambahkan secara otomatis ketika TV mendeteksi koneksi internet, tanpa perlu berlangganan layanan ini atau menginstal aplikasi tertentu.

Layanan ini dirancang untuk bisa berjalan dengan mulus dan nyaman dengan menggabungkan pengalaman TV linear dengan layanan VOD.


Samsung TV Plus pertama kali akan hadir di Thailand dan Vietnam, kemudian meluas ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Berbagai channel yang disediakan termasuk Kpop (한류) dan konten musik lainnya, serta program-program tentang pendidikan, makanan, wisata dan gaya hidup (lifestyle).

Samsung meluncurkan TV PLUS di Korea pada bulan Oktober 2015, menampilkan 33 saluran dan berbagai macam konten, termasuk drama, musik dan pendidikan. Seperlima dari pengguna Samsung Smart TV telah menyaksikan TV PLUS, dan tingkat mereka meninjau kembali layanan ini telah melebihi 80 persen.

"TV PLUS adalah sebuah konsep baru dalam layanan Smart TV, memungkinkan pengguna untuk menonton program favorit mereka dengan lebih mudah," kata Lee Won-jin, Wakil Presiden Eksekutif Visual Display Business di Samsung Electronics. "Kami akan menawarkan berbagai layanan yang akan membuat Smart TV terasa lebih akrab bagi konsumen."


Samsung Smart TV 2016 baru bagi negara-negara Asia Tenggara juga akan dilengkapi All Care Protection, sebuah peningkatan dari Samsung Triple Protection yang menjaga terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kondisi yang tidak stabil, seperti lonjakan arus listrik, petir dan kelembaban.

Dengan All Care Protection, TV Samsung dirancang untuk meminimalkan ventilasi, untuk membatasi debu dan serangga. Samsung All Care Protection juga membatasi jenis file yang diizinkan untuk dimainkan, meminimalkan risiko terkena virus.


Selain itu, lineup TV Samsung TV dari premium hingga entry-level telah menggunakan fitur yang disebut Clean View, yang secara otomatis menghilangkan suara dari sinyal TV dengan menganalisis sumber video. Dengan teknologi Clean View, siaran analog dapat dinikmati dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik.