Resmi jadi OS nasional, Skolkovo jadi pusat pengembangan Tizen di Rusia

Igor Bogachev (kiri) dari Skolkovo Foundation berjabat tangan dengan Andrey Tikhonov dari Tizen Association Rusia

Skolkovo Foundation dan Tizen Association Rusia telah menandatangani nota kerja sama, yang tujuannya adalah untuk pengembangan produk software dalam negeri dan perangkat berbasis sistem operasi (OS) Tizen yang terbuka. Menurut isi dari perjanjian tersebut, wilayah Skolkovo Innovation Center yang bisa disebut sebagai Silicon Valley versi Rusia akan menjadi pusat pengembangan Tizen di Rusia.

Pertemuan trilateral telah dilangsungkan di Skolkovo Technopark pada hari Rabu tanggal 3 Februari kemarin, yang mempertemukan perwakilan dari IT-cluster di Skolkovo Foundation, perwakilan dari Tizen Association Rusia yang mewadahi pengembang dan pengguna Tizen di Rusia dan perwakilan dari Samsung Electronics. Dalam pertemuan tersebut, peserta mendiskusikan prospek dan peluang pengembangan platform Tizen di Rusia. Tizen Association bermaksud untuk bekerja sama dengan unit usaha kecil dan menengah yang inovatif di Rusia dalam desain dan pengembangan produk berdasarkan OS open source Tizen. Sedangkan Skolkovo Foundation akan memberikan kesempatan kepada start-up yang ada di Skolkovo untuk mengembangkan produk dan solusi yang terkait dengan Tizen, serta siap untuk memfasilitasi akses buat Tizen Association agar lebih leluasa dalam memberikan pelatihan secara teknis buat penghuni di Skolkovo.

"Jumlah penghuni Skolkovo Innovation Center mencakup sejumlah besar pengembang yang menciptakan produk yang inovatif untuk berbagai industri. Melalui sistem operasi Tizen, yang tidak hanya bisa digunakan di perangkat mobile, tetapi juga pada Smart TV, peralatan rumah tangga, solusi untuk Internet of Things, dan solusi industri, secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan dari organisasi kami. Pengembang dapat membuat solusi untuk pelanggan perusahaan dengan membawa kreasi mereka ke segmen baru, berkat peluang yang diciptakan oleh platform Tizen," kata Alexander Anufrienko, Head of direction di Skolkovo Foundation.

Berdasarkan perjanjian tersebut, pusat R&D dari Tizen Association Rusia akan dibuka di wilayah Skolkovo Innovation Center di mana karyawan pertama akan mulai direkrut tahun ini. Pada tahun 2017, menurut rencana, Tizen Association akan mempekerjakan 30 orang profesional yang bekerja pada pengembangan platform Tizen, pembentukan solusi B2B dan B2C, dan dukungan untuk pengembang aplikasi Tizen.

Saat ini sudah lebih dari 1250 perusahaan dan start-up yang tergabung dalam ekosistem Skolkovo dan beroperasi di berbagai wilayah yang berbeda, dan semuanya akan memiliki akses langsung ke perkembangan mutakhir dan informasi yang relevan tentang platform Tizen yang akan memungkinkan mereka untuk membuat, memperbarui, dan memelihara solusi berdasarkan OS Tizen sesegera mungkin. Menurut perwakilan dari Skolkovo Foundation dan Tizen Association Rusia, sejumlah besar proyek-proyek yang beragam dan pengembang yang berpengalaman di Skolkovo akan memberikan kontribusi besar untuk mempromosikan Tizen ke depannya.

"Partisipasi dalam pengembangan ekosistem sistem operasi Tizen memberikan kesempatan bagi produsen di Rusia dan internasional untuk menghadirkan perangkat industri dan kustomisasi baru yang menghadirkan solusi mereka dengan sifat baru yang penting bagi pengguna akhir. Membuka pusat pengembangan Tizen di Skolkovo akan memungkinkan prototyping dan pembuatan produk berbasis sistem operasi ini secara cepat. Ini semua berkat kerjasama yang erat antara sejumlah besar pengembang dan konsumen dalam menghadapi mitra bersama," kata Igor Bogachev, Wakil Presiden dan Direktur Eksekutif di Skolkovo Foundation yang mengomentari perjanjian tersebut.

Menurut Bogachev, Skolkovo Innovation Center dan Tizen Association Rusia akan melakukan banyak pekerjaan pada persiapan kesepakatan menentukan arah utama pembangunan dan struktur pusat R&D Tizen baru nanti. Pusat pengembangan ini akan meningkatkan penetrasi OS Tizen di Rusia, yang akan memberikan pelatihan dan dukungan untuk pengembang, kompetisi dan lokakarya untuk para pengembang. Pusat ini juga akan fokus pada pengembangan program pendidikan untuk OS Tizen, dan distribusi kurikulum Tizen di universitas-universitas, termasuk Skolkovo Institute of Science and Technology (Skoltech).

Alexander Anufrienko dari Skolkovo Fondation menjelaskan tentang rencana pembangunan pusat R&D Tizen kepada delegasi Samsung Software Center yang dipimpin oleh Lee Hyo-gun

"Misi Tizen Association Rusia adalah untuk memaksimalkan percepatan implementasi solusi inovatif berdasarkan OS Tizen, menjual produk Tizen yang sebenarnya di pasar ponsel dan Internet of Things. Kami berencana untuk membuat OS Tizen sebagai sistem operasi nomor satu di pasar untuk segmen yang mewakili peningkatan persyaratan untuk perlindungan informasi," kata Andrey Tikhonov, Presiden Tizen Association Rusia yang saat ini juga menjabat sebagai direktur Enterprise Business di Samsung Electronics Rusia.

Pusat pengembangan OS Tizen akan fokus pada pembangunan dan pengembangan dari sistem operasi Tizen versi Rusia dan berusaha akan memenangkan pasar di segmen yang mengutamakan peningkatan persyaratan keamanan. Seperti yang dinyatakan sebelumnya oleh anggota asosiasi ini, salah satu poin penting adalah untuk memastikan keamanan data sesuai dengan persyaratan dari Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) dan FSTEC Rusia. Sertifikasi ini memungkinkan pengguna bisa menggunakan OS Tizen beserta perangkat yang menjalankannya di lingkungan perusahaan dan lembaga milik negara yang memiliki standar perlindungan data yang tinggi.