Thursday, February 4, 2016

Mengapa Tizen membutuhkan Wayland?


Carsten Haitzler (Rasterman) akhir pekan lalu menjadi pembicara di konferensi FOSDEM 2016 di Brussels, Belgia, untuk menjelaskan tentang Enlightenment/EFL di Wayland. Sebagai bagian dari itu, dengan lingkungan native di Tizen menggunakan EFL, Wayland kemudian juga dianggap sebagai solusi yang lebih unggul daripada X11.

Di antara alasan yang diungkapkan untuk "Mengapa Tizen membutuhkan Wayland" adalah alasan keamanan yang lebih baik dan isolasi klien (X11 tidak bisa dipercaya!), dukungan rendering zero-copy yang lebih baik, memastikan rendering yang sempurna tanpa update layar parsial, secara besar-besaran mengurangi putaran perjalanan untuk input dan rendering, dukungan yang jauh lebih baik untuk lapisan hardware, dan penanganan rotasi yang tepat.

Sebagian besar dari Enlightenment sudah diporting ke Wayland dari klien hingga compositor serta memanfaatkan penggunaan libinput. Enlightenment sekarang bertindak baik sebagai compositor Wayland yang berkomunikasi langsung dengan KMS sementara masih memiliki fungsi window manager dan compositor X11. Aplikasi yang menggunakan EFL masih memiliki baik dukungan X11 dan Wayland. Dan Tizen terus bekerja untuk sepenuhnya berpindah ke Wayland dan memastikan semua kebutuhan terpenuhi.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat melalui slide PDF berikut ini:





No comments:

Post a Comment