Tizen akan memiliki kompatibilitas dengan Windows 10


Industri IT sedang mengarah ke teknologi Internet of Things (IoT) untuk membantu mengantar era rumah yang lebih aman, lebih sehat dan lebih efisien selama beberapa tahun ke depan. Selama CES 2016, Microsoft dan Samsung bekerja sama untuk menunjukkan berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan melalui IoT di pasar smart home yang berpotensi besar.

"Bersama dengan Samsung, kita berbagi visi bersama bagi jutaan dan jutaan perangkat dan semua 'Things' akan bisa berkomunikasi bersama-sama menggunakan protokol dan standar dalam ekosistem inklusif yang terbuka, yang akan memberikan inspirasi kreativitas bagi pengembang software, produsen perangkat, dan startup di seluruh dunia," kata Terry Myerson, wakil presiden eksekutif Microsoft Windows dan Device Group. "Demo kami di atas panggung menyoroti Windows 10 dan peralatan rumah tangga Samsung dengan teknologi IoT yang bisa bekerja sama melalui skenario potensi keterbukaan dan kolaborasi, menciptakan masa depan di mana orang memiliki lebih banyak pilihan dan akhirnya dapat menjadi lebih produktif di rumah."

Saat konferensi pers di hari kedua penyelenggaraan CES 2016, Microsoft Marketing Manager Bryan Roper menunjukkan bagaimana pengguna dapat meminta Cortana, asisten suara virtual yang ada di Windows 10, untuk menentukan status mesin cuci Samsung yang menggunakan OS Tizen. Cortana juga dapat membantu orang tua mengawasi kebiasaan menonton TV anak-anak mereka di Smart TV Samsung berbasis OS Tizen dan mengecek berapa banyak yang dihabiskan pada tagihan belanjaan dan tagihan listrik dengan memonitor metrik seperti perubahan dalam kapasitas kulkas Family Hub yang juga berbasis OS Tizen.

Tampaknya Cortana kini menjadi opsi kedua untuk mengontrol peralatan rumah tangga Samsung yang berbasis OS Tizen selain perintah suara melalui S-Voice milik Samsung tentunya.

Pada konferensi pers sebelumnya di hari pertama penyelenggaraan CES 2016, Tim Baxter yang merupakan Presiden & COO dari Samsung Electronics America mengumumkan 'Samsung Galaxy Ecosystem' baru untuk semua perangkat Samsung yang saling terhubung. Walaupun namanya Galaxy, Samsung tidak meluncurkan satupun perangkat baru yang menggunakan OS Android di CES kali ini. Yang ada adalah deretan peralatan rumah tangga baru seperti SUHD TV, kulkas Family Hub, mesin cuci AddWash dan varian Gear S2 Classic yang menggunakan OS Tizen serta tablet Galaxy TabPro S dan laptop Notebook 9 yang menggunakan OS Windows 10.