Tuesday, January 5, 2016

Sekilas fitur IoT di peralatan rumah tangga terbaru Samsung di CES 2016


Samsung Electronics akan memamerkan peralatan rumah tangga terbaru yang telah dilengkapi dengan teknologi Internet of Things (IoT) mulai hari Rabu, 6 Januari di pameran peralatan elektronik konsumen ternesar International Consumer Electronic Show (CES) 2016 di Las Vegas. Lemari es pintar, oven pintar, microwave pintar dan lainnya akan mewakili gaya hidup rumah modern yang saling terhubung antar satu sama lain lewat sistem operasi Tizen.


Lemari es Family Hub dengan konektivitas internet

Yang pertama adalah model terbaru dari lemari es Samsung Food Showcase yang akan dilengkapi dengan konektivitas internet secara penuh lewat layanan baru 'Family Hub' yang terkoneksi dengan layanan dan dongle dari SmartThings. Layanan baru ini telah memenangkan penghargaan CES 2016 Innovation Award untuk teknologi IoT untuk nyata, serta teknologi pembekuan baru yang lebih dioptimalkan untuk membuat makanan menjadi lebih dingin dalam waktu lama yang semuanya membuat pengalaman pengguna menjadi lebih nyaman.

Fitur Family Hub di lemari es Samsung Food Showcase baru menawarkan fungsi komunikasi, hiburan, belanja, kontrol terhadap perangkat IoT lainnya yang menawarkan pengalaman baru di luar fungsi utama sebagai perangkat di dapur untuk memasak makanan sehingga membuat suasana di dapur menjadi lebih menyenangkan buat semua anggota keluarga.

Untuk spesifikasi, lemari es baru ini telah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 21,5 inci pada pintu depan dengan resolusi full HD (1080x1920) dimana pengguna bisa memantau dan mengatur seluruh operasional dari lemari es, seperti suhu, kelembaban, kondisi makanan dan lainnya dengan lebih mudah lewat user interface berbasis grafis yang menarik.

Secara khusus, Samsung telah berkolaborasi dengan chef top dunia untuk menghadirkan aplikasi yang berisi berbagai resep terbaik, mulai dari yang sederhana untuk menu masakan cepat sampai yang beragam untuk situasi tertentu. Resep yang ada sangat banyak, karena termasuk juga resep untuk musim-musim tertentu dari berbagai negara sepanjang tahun yang bisa langsung dicoba disesuaikan dengan bahan makanan yang ada di dalam lemari es.


Lemari es Family Hub juga dilengkapi dengan berbagai fitur manajemen makanan dan bahan makanan didalamnya, termasuk kemampuan pengiriman informasi dan pesan ke perangkat lain.

Kamera yang dipasang di dalam freezer memiliki kemampuan untuk memantau kondisi makanan yang disimpan di dua pintu yang terpisah tanpa harus membuka pintu lemari es dan cukup melihatnya melalui smartphone atau ditampilkan di layar depan, sehingga bila kita sedang berbelanja di pasar atau mall bisa dengan mudah mengetahui bahan makanan apa saja yang sudah habis atau masih cukup persediaannya. Dengan ikon "Hari-H", pengguna juga dapat mengatur batas waktu yang tepat untuk setiap bahan makanan yang ada agar tidak sampai kadaluarsa atau persiapan bahan makanan untuk acara tertentu.

Jika sedang malas atau tidak punya waktu berbelanja keluar rumah, pengguna lemari es Family Hub bisa berbelanja secara online karena telah disediakan informasi belanja terbaru seperti item yang lagi diskon secara real-time. Untuk memesan bahan makanan yang dibutuhkan hanya perlu melakukan beberapa sentuhan di layar depan.

Pengguna juga bisa dengan mudah menghubungkan dan berbagai acara keluarga yang tersimpan pada smartphone dan lemari es mereka dan menyimpannya dalam berbagai perangkat yang berbeda disertai berbagai foto dan catatan keluarga. Lemari es Family Hub telah dilengkapi beberapa kemampuan komunikasi khusus, seperti di antara anggota keluarga dengan cara meninggalkan pesan memo pada layar dengan menggunakan berbagai efek.

Untuk hiburan saat memasak, pengguna dapat mendengarkan musik di radio melalui dua speaker stereo di pintu, atau mendengarkan musik dari situs internet tertentu atau mendengarkan informasi sehari-hari seperti berita terkini dan laporan cuaca.



Samsung Flex Duo Oven dengan konektivitas Wi-Fi

Oven Samsung dual fuel range pertama didunai yang diadopsi tahun lalu dengan memadukan teknologi gas dan listrik, kinik dilengkapi konektivitas Wi-Fi untuk mengakomodasi teknologi IoT. Samsung Flex Duo Oven model terbaru ini juga telah memenagkan penghargaan CES 2016 Innovation Award untuk inovasi terbarunya.

Secara khusus, fungsi Wi-Fi akan membuat oven pintar ini bisa terhubung dengan smartphone atau perangkat lain di mana saja dan kapan saja untuk memantau dan mengontrol status tungku pemanas seperti power, suhu, waktu dan lainnya. Kemampuan ini adalah yang pertama di dunia shinnga membuatnya mendapat penghargaan CES 2016 Innovation Award.


Selain itu, cahaya biru yang bisa diatur lewat dial pengontrol suhu bisa dilihat secara sekilas dari kejauhan untuk memastikannya sedang berfungsi atau tidak.



No comments:

Post a Comment