Samsung Smart Play-Board, platform open source untuk mendorong kecerdasan anak


Dokter dan pendidik asal Italia Maria Montessori (1870 - 1952) pernah mengatakan, "Bermain adalah pekerjaan anak." Saat ia dan banyak pendidik anak telah menekankan selama bertahun-tahun, kegiatan yang melibatkan bermain sangat penting untuk anak-anak di setiap tahap perkembangan fisik, emosional, mental dan sosial mereka.

Dalam konteks tersebut, Pietro Rigamonti, seorang desainer muda dari institusi desain Italia Instituto Europeo di Design (IED), baru-baru ini menciptakan sebuah papan bermain yang mendorong perkembangan anak sekaligus memungkinkan orang tua dan guru untuk mendapatkan wawasan ke dalam perilaku dan karakteristik anak. Selama program Master nya di Samsung Maestros Academy, sebuah lokakarya pendidikan secara online yang dijalankan oleh Samsung untuk pengrajin muda Italia di institut desain, Pietro bekerja dengan sekelompok endorser ilmiah dari Universitas Marcerata dan tim Product & Solutions di Samsung Electronics Italia untuk membangun prototipe play board kreasinya.


Samsung Smart Play-Board adalah perangkat pintar interaktif yang dirancang untuk merangsang beberapa area otak anak saat mereka bermain. Papan bermain ini terdiri dari papan dasar dari kayu dan kumpulan potongan papan kayu datar yang dilengkapi dengan aktivitas modul berwarna-warni yang berisi berbagai gambar yang menarik. Mainan ini menghadirkan kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak, seperti teka-teki yang sangat kita menikmati sebagai anak-anak, sementara secara bersamaan mengumpulkan data pada masing-masing pola perilaku mereka melalui modul 'avatar pendidikan' yang dicolokkan ke papan utama.

Setelah terhubung, avatar akan mengirimkan data akumulasi ke aplikasi yang sudah pra-instal di smartphone milik orang tua atau guru. Dengan memutar data ke grafik, aplikasi ini memungkinkan orang tua dan guru untuk melacak kegiatan bermain anak-anak, memperoleh wawasan perkembangan intelektual mereka dan merancang metode pembelajaran baru yang disesuaikan dengan kebutuhan individu anak.


Dengan hardware dan software yang tersedia untuk umum, Samsung Smart Play-Board diharapkan dapat menarik banyak pendidik di berbagai belahan dunia. Selain itu, pendidik dan orang tua dapat membuat papan bermain yang unik dari awal dengan menambahkan konten baru ke papan ini. Prototipe dari Samsung Smart Play-Board telah mendapatkan penghargaan di Milan Design Week 2015 dan Cannes Lions International Festival of Creativity 2015 dan saat ini sedang dalam pengujian beta di sejumlah prasekolah lokal di Italia.

Melalui teknologi pintar yang canggih, Samsung Smart Play-Board akan menjadi alat penting untuk membuka berbagai kemungkinan bagi masa depan anak-anak kita. Selain itu, data yang dikumpulkan dari alat bermain pintar ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan guru dan orang tua untuk belajar dari perilaku spontan anak-anak tanpa penghakiman apapun.