Tuesday, December 22, 2015

Mata kuliah Tizen mulai diajarkan di perguruan tinggi Rusia


Setelah India, mata kuliah yang mengajarkan cara pengembangan aplikasi untuk sistem operasi Tizen kini juga diajarkan di sebuah universitas terkemuka di Rusia. Agaknya Tizen sudah mulai diterima sebagai software yang sangat potensial dimasa depan.

Universitas Terbuka Nasional INTUIT (Национальный Открытый Университет ИНТУИТ) baru-baru ini telah membuka kelas baru untuk "Pengembangan Aplikasi Web Tizen", yang tujuannya adalah melatih siswa agar bisa membuat aplikasi mobile berbasis web yang berjalan di bawah sistem operasi Tizen, yang biasa digunakan dalam perangkat Tizen seperti smartphone, TV maupun smartwatch.

Menurut keterangan di INTUIT, Tizen adalah sistem operasi berbasis kernel Linux dan GNU C library yang mengimplementasikan Linux API. OS ini ditujukan untuk berbagai perangkat termasuk smartphone, tablet, sistem infotainment pada otomotif, smart TV, kamera pintar, handheld, printer, dan peralatan pintar lainnya. Proyek ini bertujuan untuk menyediakan pengguna dengan tingkat layanan yang tinggi pada perangkat yang berbeda.

Intuit juga menjelaskan bahwa Tizen mendukung pengembangan aplikasi Web melalui penerapan teknologi HTML5, aplikasi native yang ditulis dalam bahasa pemrograman C, dan aplikasi hybrid yang menggunakan pendekatan web dan native.

Kursus "Pengembangan Aplikasi Web Tizen" direncanakan akan berlangsung selama satu semester dan telah dirancang untuk siswa yang ingin bisa mengembangkan aplikasi Web buat perangkat Tizen. Siswa akan diajarkan untuk menjadi akrab dengan WEB API, belajar bagaimana merancang aplikasi mobile, dan juga belajar membuat interface untuk membaca dan menggunakan data dari berbagai sensor.

Kursus ini terbuka untuk semua mahasiswa dan bisa diikuti secara gratis buat yang bisa belajar sendiri dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. Buat yang ingin belajar secara private dengan guru pribadi telah disediakan kelas khusus dengan biaya 500 rubel atau sekitar 96 ribu rupiah per-orang dengan maksimal 74 orang siswa, yang sejauh ini sangat terjangkau buat siapa saja di Rusia.

Buat yang lulus ujian akhir akan mendapatkan sertifikat dari universitas yang bisa dijadikan sarana untuk mencari pekerjaan di perusahaan Rusia yang membutuhkan tenaga ahli untuk software Tizen. Buat yang berminat bisa langsung mendaftar di http://www.intuit.ru/studies/courses/18782/1309/info


No comments:

Post a Comment