Jay Y. Lee akan hadiri CES 2016

Jay Y. Lee di CES 2013

Vice chairman (VC) Samsung Electronics Lee Jae-yong (Jay Y. Lee) berencana untuk menghadiri pameran dagang dan teknologi terbesar International Consumer Electronics Show (CES) 2016 yang akan berlangsung pada 6-9 Januari 2016 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

"Vice chairman Lee berencana untuk menghadiri CES 2016, yang akan dibuka pada minggu pertama di bulan Januari," kata seorang pejabat Samsung yang meminta untuk tidak disebutkan namanya kepada The Korea Times.

Ini akan menjadi pertama kalinya pemimpin de facto Samsung ini akan mengambil bagian dalam pameran tersebut sejak 2013. Menurut pejabat ini, VC Lee saat ini tertarik dalam mencari peluang bisnis baru, dengan fokus pada komponen otomotif. "Vice chairman Lee memiliki hubungan baik dengan eksekutif berprofil tinggi di dunia teknologi," katanya. "CES kali ini akan memberikannya kesempatan untuk memperkuat aliansi dengan berbagai mitra teknologi."

Jay Y. Lee diharapkan untuk mengambil pendekatan low-key untuk pameran kali ini karena seperti biasa dia tidak ingin menjadi sorotan media dan pengunjung, yang memungkinkan eksekutif Samsung lainnya untuk melanjutkan tugas mereka di pameran teknologi yang paling berpengaruh di dunia ini.

Samsung Corporate Strategy Office (SCSO), menara kontrol dari Samsung Group, menolak berkomentar tentang rencana perjalanan pimpinan mereka ini. Namun dalam catatan terkait, semua eksekutif senior Samsung Electronics akan mengungkap strategi bisnis baru di pertemuan selama pertunjukan.

Yoon Boo-keun, yang memimpin bisnis peralatan rumah tangga dan menangani strategi Internet of Things (IoT) dari Samsung Electronics, akan mengungkap visi divisi yang dipimpinnya kepada media yang hadir. Sementara kepala Samsung Visual Display (VD) Kim Hyun-suk yang memimpin bisnis TV dan kepala divisi IT & Mobile (IM) Shin Jong-kyun juga akan hadir.

Kim Ki-nam, kepala unit perangkat Samsung, akan mengadakan pertemuan bisnis utama selama pameran untuk membantu produsen chip memori terbesar di dunia ini menemukan peluang bisnis baru dan menguntungkan. Park Jong-hwan, kepala tim otomotif elektronik yang baru saja diresmikan, juga siap untuk hadir. Park Dong-geun, CEO Samsung Display, akan pergi dengan CEO Samsung SDI Cho Nam-seong dan CEO Samsung Electro-Mechanics Lee Yoon-tae.

Di CES 2013 sebelumnya, Jay Y. Lee yang waktu itu didampingi oleh CEO Samsung Electronics Kwon Oh-hyun mengadakan pertemuan tertutup dengan CEO Intel Paul Otellini selama satu jam setelah makan malam di salah satu hotel di Las Vegas. Menurut sumber dari Samsung, pertemuan ini membahas proyek bersama untuk mengembangkan sistem operasi Tizen.