Tuesday, October 27, 2015

Highlight Samsung Open Source Conference (SOSCON) 2015


Samsung Electronics mulai hari ini menyelenggarakan acara tahunan Samsung Open Source Conference (SOSCON) 2015 selama dua hari antara 27-28 Oktober 2015 di Conrad Seoul Hotel, Yeouido-dong, Yeongdeungpo-gu, Seoul, Korea Selatan. Penyelenggaraan untuk tahun yang kedua ini adalah acara buat pengembang software di Korea untuk saling berbagi pengetahuan berdasarkan pengalaman mereka dalam pengembangan software open source.

Pembicara utama untuk konferensi kali ini diantaranya menampilkan Kim Young-yoon, wakil presiden Samsung Electronics Software Center; David Nalley, wakil presiden Apache Software Foundation di Citrix; Andrew Sorensen, programmer konser di Moso dan Shin Jeong-kyu, pendiri proyek open source Lablup.

* Dari kiri: Andrew Sorensen (Moso) dan David Nalley (Citrix)

Secara khusus, pembicara utama tahun ini juga menampilkan pengembang pengembang open source termuda Kim Han-na dan Linus Torvalds, kreator dari kernel Linux. Linus Torvalds sangat terkejut dan juga bangga ketika bertemu dengan Kim Han-na, siswi sekolah dasar kelas tiga di SD Sinyoungsan di Seoul yang sudah berani menjadi pengembang open source di usianya yang masih begitu belia.

Sesi acara yang ditampilkan antara lain berkaitan dengan Internet of Things (IoT), Platform, Web, Big Data/Cloud, Multimedia/Graphics, Community, Compliance dan Lightning Talk. Sementara stan pameran menampilkan deretan sponsor utama seperti Unity, Ubuntu Korea Community, OpenStack Korea, EFL Korea Community, HAMA, HORN, dan komunitas open source lainnya.

Juga ikut dibahas dalam sesi pendalaman tentang pengembangan aplikasi Tizen, perangkat Tizen, IoTivity, Wayland, IoT.js dan JerryScript, HTML5 dan GearVR. Ada 4 sesi yang secara khusus didedikasikan untuk Tizen dan beberapa sesi lainnya yang secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan Tizen.

* Dari kiri: Brian Warner (Samsung), Kim Hye-na dan Linus Torvalds

"Kami kumpulkan beragam komunitas open source, dan untuk masa depan telah telah direncanakan untuk lebih memperkuat dan mengaktifkan kerjasama untuk mendukung ekosistem dan pengembang open source lokal," kata Choi Jong-deok (JD Choi), wakil presiden Samsung Electronics Software Center.



No comments:

Post a Comment