Hampir separuh penjualan TV global kini dikuasai Smart TV


Pengiriman TV secara global jatuh di titik terendah selama 6 tahun terakhir pada kuartal kedua tahun ini, sebagai imbas dari lesunya perekonomian dunia dan lemahnya nilai mata uang dari negara-negara berkembang. Namun disisi lain, penjualan Smart TV terus melonjak dengan cepat dan kini hampir bisa menyamai penjualan TV konvensional atau non-Smart TV.

Berdasarkan data dari IHS Technology, total penjualan TV global sebesar 48 juta unit pada periode April-Juni, turun 8 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Ini menandai penurunan terbesar pada tahun sejak kuartal kedua 2009.

Pengiriman di Amerika Latin anjlok 17 persen per-tahun pada kuartal kedua, dengan penjualan di kawasan Asia-Pasifik termasuk China tenggelam 9 persen. Sementara pasar Eropa Barat mengalami penurunan 3 persen dalam penjualan. Samsung Electronics meraih 29 persen pangsa pasar TV global pada kuartal kedua, diikuti oleh LG Electronics dengan 14 persen dan Sony dengan 7 persen.

Pasar Smart TV tumbuh 41% selama H1 2015

Berbeda dengan pertumbuhan penjualan TV secara keseluruhan yang terus menurun di seluruh dunia, pasar smart TV sebaliknya menunjukkan pertumbuhan yang cepat. Menurut data terbaru dari DisplaySearch, penjualan Smart TV di seluruh dunia sudah mencapai 40,19 juta unit pada semester pertama tahun ini, mengumpulkan 41 persen dari total penjualan TV di seluruh dunia yang mencapai 97,92 juta unit.

Dengan kata lain, empat dari sepuluh TV yang terjual di seluruh dunia selama periode Januari-Juni tahun ini adalah Smart TV yang memiliki konektivitas internet dan sistem operasi yang spesifik untuk penggunaan berbagai aplikasi.

Tren penjualan Smart TV dunia terus meningkat dalam hitungan tahunan, naik dari 31,38 juta unit di 2013, kemudian 35,42 juta unit pada 2014 dan lebih tinggi dari 40 juta unit tahun ini.