Wednesday, July 1, 2015

Samsung masih mendominasi pasar smartphone di Asia Tenggara


Samsung Electronics mengalami penurunan pangsa pasar smartphone di Asia Tenggara pada kuartal pertama 2015 meskipun pengiriman smartphone mereka mengalami peningkatan di periode ini. Data menunjukkan semakin banyaknya pemain lokal maupun asal China yang terjun di pasar smartphone dengan mengandalkan harga yang murah membuat pembagian kue penjualan menjadi semakin merata.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh perusahaan riset pasar IDC, penjualan smartphone Samsung di wilayah tersebut naik 28 persen dalam hitungan tahunan menjadi 5,5 juta unit pada periode Januari-Maret, namun pangsa pasar Samsung bergerak turun hampir 7 poin persentase selama periode dikutip menjadi 23 persen.


Pesaing utama Samsung adalah Apple di posisi kedua dengan pangsa pasar 7,5 persen, diikuti oleh ASUS asal Taiwan dengan 5 persen. Sementara dua vendor asal China Oppo Electronics dan Huawei, yang masing-masing memegang pangsa pasar kurang dari 1 persen tahun lalu, kini masing-masing mengambil 1,1 persen dan 1 persen dari pasar smartphone di Asia Tenggara pada kuartal pertama.

"Seperti yang diharapkan, telah terjadi pertumbuhan yang signifikan dari smartphone sejak ketersediaan merek yang lebih murah di pasar, yang sebagian besar berasal dari China dan vendor lokal," kata peneliti dari IDC. "Prospek untuk 2015 semakin terang dan akan menghasilkan banyak kejutan setelah vendor yang sudah mapan akan berusaha mempertahankan wilayah mereka melawan gelombang pasang dari vendor China dan lokal baru dan yang sudah ada."




No comments:

Post a Comment