Sunday, June 14, 2015

Penjualan Samsung Z1 terus naik di Q2 2015, smartwatch Tizen turun


Smartphone Tizen pertama Samsung Z1 penjualannya diperkirakan akan terus naik di kuartal kedua 2015 yang dihitung dari bulan April hingga Juni 2015. Sebaliknya pasar smartwatch Tizen terus merosot akibat tidak ada rilis smartwatch Tizen baru di pasaran setelah Samsung Gear S pada akhir tahun kemarin.

Berdasarkan data terbaru dari firma riset pasar Strategy Analytics yang berbasis di Amerika Serikat, pangsa pasar smartwatch Tizen sekarang tinggal 23,1% selama Q1 2015 yang dihitung antara bulan Januari sampai Maret 2015. Hasil ini membuat Tizen dilewati oleh Android Wear dengan 55,9% setelah beberapa perusahaan elektronik seperti LG, Sony maupun vendor-vendor asal China merilis smartwatch Android Wear awal tahun ini. Sebelumnya smartwatch Tizen memimpin dengan 47,8% di Q2 2014.


Sementara untuk smartphone Tizen, Strategy Analytics memperkirakan bahwa Samsung Z1 terjual sebanyak 200 ribu unit selama Q1 2015. Samsung Z1 dirilis pertama kali di India pada akhir bulan Januari 2015 dan kemudian Bangladesh pada awal Februari 2015. Jadi praktis selama Q1 2015, penjualan Samsung Z1 hanya dihitung untuk waktu yang terbatas kurang lebih 2 bulan saja.

Pencapaian ini membuat smartphone Tizen menguasai 0,06% pangsa pasar untuk OS smartphone dibawah Firefox OS yang sudah masuk ke pasar jauh lebih awal. Strategy Analytics memperkirakan penjualan Samsung Z1 secara kumulatif hingga berakhirnya Q2 2015 di akhir bulan ini akan mencapai 1 juta unit, dan secara otomatis akan menaikkan posisi Tizen menggeser Firefox OS dan bersaing dengan Blackberry OS untuk berebut posisi 4.

Kita berharap Samsung Electronics terus memperluas pemasaran smartphone Tizen ke lebih banyak negara sehingga bisa terus memperbesar prosentase penguasaan pasar dari OS Tizen. Selain itu kita juga berharap smartwatch Tizen baru nanti yang membawa desain dan pengalaman pengguna (UX) yang unik bisa kembali mendongkrak pamor Tizen di segmen wearable.



No comments:

Post a Comment