Monday, June 22, 2015

myOffice menjadi aplikasi office default smartphone Tizen di Rusia


Perusahaan Rusia New Cloud Technologies telah menyepakati kerjasama dengan Samsung Electronics untuk mengembangkan paket office suite berbasis cloud "myOffice" yang direncanakan akan menjadi aplikasi office yang pra-install pada perangkat mobile yang menjalankan sistem operasi (OS) Tizen. Paket aplikasi myOffice yang dibuat khusus untuk Tizen, akan mencakup e-mail client, editor teks, spreadsheet dan presentasi.

myOffice adalah platform untuk solusi produktivitas office berbasis cloud yang dikembangkan oleh New Cloud Technologies, perusahaan software komputer asal Moskow, Rusia. Platform ini memungkinkan penyedia telekomunikasi, vendor, enterprise, OEM dan pengguna akhir untuk sepenuhnya memanfaatkan sistem dokumen modern di cloud untuk produktivitas terbaik dan keamanan yang lengkap.

Kerjasama kedua perusahaan ini direncanakan akan dimulai setelah perangkat Tizen mendapat sertifikasi dari FSTEC di Rusia. Sertifikasi FSTEC (Federal Service for Technical and Export Control) akan menjamin perlindungan dari kebocoran data dan penyadapan, dimana Samsung akan memposisikan produk berbasis Tizen untuk pasar korporat di Rusia.

"Pada bulan Maret 2015 Samsung telah mengajukan dokumen untuk sertifikasi sistem operasi (OS) Tizen kepada FSTEC," kata Andrey Tikhonov, Direktur Penjualan Korporat di Samsung Electronic Russia.

Proses sertifikasi diharapkan akan selesai pada musim panas 2015, dan smartphone Tizen yang sudah dilengkapi aplikasi myOffice diperkirakan akan dirilis pada tahun ini. "Perangkat Samsung yang telah bersertifikat kita harapkan untuk dirilis sebelum akhir 2015," kata Tikhonov.

"Samsung adalah produsen global terkemuka, akan sangat strategis dan penting bagi kita untuk memulai kehadiran di platform Tizen. Platform ini memiliki prospek baik di pasar perangkat mobile dan segmen baru, seperti semua perangkat elektronik dimana kami juga sedang mempersiapkan sejumlah pengembangan," kata Dmitry Komissarov, Co-Founder dan CEO di New Cloud Technologies.

Kesepakatan antara Samsung Electronics dan New Cloud Technologies sekarang hanya mencakup untuk pasar Rusia dan CIS. Namun New Cloud Technologies berharap akan mendapatkan bantuan Samsung untuk bisa menghadirkan myOffice di pasar lainnya dimana perangkat Tizen juga akan dirilis. Baik myOffice maupun Tizen adalah dua pelamar yang menjadi pemenang proyek pengadaan software dalam negeri yang akan didanai oleh pemerintah Rusia untuk kategori yang berbeda yang diumumkan awal bulan ini oleh Kementerian Komunikasi Federasi Rusia. myOffice adalah pemenang ketiga untuk kategori software office client dan Tizen adalah pemenang kedua untuk kategori sistem operasi mobile.


"Setiap tahun Rusia memerlukan sekitar 20 sampai 50 ribu perangkat mobile bersertifikat untuk ditempatkan di pasar Rusia dan CIS," kata Dmitry Komissarov. "Memuaskan permintaan ini dapat membawa kita keuntungan sekitar 100 juta rubel, karena biaya office suite di Rusia dan negara-negara CIS akan dimasukkan dalam harga smartphone dan pengembang akan mendapatkan royalti dari hasil penjualan. Semua layanan office akan berlangsung di cloud, dan pengguna akan memiliki akses gratis ke penyimpanan data."


1 comment:

  1. Sampai kapankah ku harus menunggumu, oh Tizenku?

    ReplyDelete