Siapa yang paling inovatif untuk IoT?


Banyak peneliti dan analis industri yang memperkirakan bahwa Internet of Things (IoT) akan menciptakan pasar baru yang akan menghasilkan lebih dari $1 triliun nilai tambah bagi perekonomian global dalam 10 tahun. Konektivitas nirkabel adalah kunci utama untuk penyebaran perangkat IoT secara massal.

Karena jumlah paten yang dimiliki bisa digunakan sebagai ukuran terbaik untuk menentukan inovasi, jumlah paten yang diumumkan yang terkait dengan standar nirkabel utama untuk konektivitas IoT (LTE, WLAN, Zigbee, Bluetooth, NFC, RFID) bisa dianalisa untuk mengevaluasi kepemimpinan dalam inovasi teknologi.

Lebih dari 10.000 paten telah diterbitkan oleh lembaga paten Amerika Serikat hingga 15 Mei 2015 yang terkait dalam lingkup teknologi kunci untuk spesifikasi standar yang relevan (3GPP, IEEE, ISO, NFC Forum, Bluetooth SIG).

Lebih dari 3.000 paten dimiliki lebih dari 160 perusahaan yang diidentifikasi sebagai paten nirkabel standar utama untuk konektivitas IoT. Gabungan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang dimiliki oleh Samsung Electronics, LG Electronics dan Qualcomm hampir mencapai 30% dari paten keseluruhan yang diidentifikasi sebagai kunci nirkabel standar untuk konektivitas IoT.

Data pemegang paten terbanyak untuk setiap standar konektivitas IoT selengkapnya bisa dilihat melalui slide PDF berikut: