Wednesday, May 13, 2015

Pemerintah India luncurkan akademi pengembangan aplikasi Tizen untuk UMKM


Kementerian Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) India dan Samsung India hari ini menandatangani kesepakatan untuk membuka MSME-Samsung Digital Academy, untuk menawarkan kepada pelajar dan mahasiswa kursus pengembangan keterampilan berdasarkan platform OS Tizen.

Sesuai dengan kesepakatan bersama (MoU) yang ditandatangani oleh Bapak Amarendra Sinha, Komisaris Pembangunan, UMKM dan Bapak HW Bang, Senior Vice President Samsung Electronics India, Samsung akan menawarkan kursus Digital Academy bekerja sama dengan Kementerian UMKM India dan akan berusaha untuk melatih pemuda-pemuda India pada pengembangan aplikasi yang berjalan pada OS Tizen di banyak perangkat seperti smartphone, televisi dan tablet.

Berbicara pada kesempatan ini, Menteri UMKM India Shri Kalraj Mishra mengatakan bahwa sesuai dengan visi Perdana Menteri India Shri Narendra Modi tentang "Made in India" dan skilling India, kolaborasi hari ini antara Kementerian dan Samsung India merupakan upaya ke arah ini. Menteri UMKM India secara lebih lanjut menambahkan bahwa sektor UMKM mempekerjakan jumlah terbesar dari pensusuk di India setelah pertanian. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil di sektor ini, Kementerian UMKM berkomitmen untuk menciptakan industri tenaga yang responsif dengan memberikan dorongan pada keterampilan pekerjaandan pelatihan kejuruan dalam kemitraan dengan industri.

"Samsung India telah menjadi mitra kami sejak tahun lalu, ketika kami menandatangani kesepakatan untuk membangun MSME-Samsung Technical Schools di MSME Technology Centres. Inisiatif bersama ini diharapkan dapat membantu melatih sekitar 10.000 pemuda setiap tahun. Pemuda yang terlatih akan memiliki kesempatan untuk menemukan penempatan dalam berbagai organisasi manufaktur peralatan termasuk Samsung. Saya juga percaya bahwa banyak dari mereka juga dapat membangun usaha mereka sendiri dan Pusat Layanan untuk memperbaiki & pemeliharaan barang listrik & elektronik," kata Menteri UMKM India Shri Kalraj Mishra.

Kepada media di India, Bapak HC Hong, Presiden & CEO Samsung Electronics India mengatakan: "India semakin muncul sebagai pemain kunci dalam pengembangan ekosistem teknologi generasi berikutnya. Kami sangat senang bahwa melalui kerjasama kami dengan Kementerian UMKM, Samsung Digital Academy juga akan memberikan kontribusi untuk misi pengembangan keterampilan di India dari perspektif digital."


Dalam fase pertama, Samsung Digital Academy akan diluncurkan di seluruh MSME-Samsung Technical Schools (saat ini sudah ada 10) yang telah didirikan oleh Samsung dan Kementerian UMKM menyusul MoU pada bulan Agustus 2014. Masing-masing sekolah ini akan menjalankan kursus selama empat minggu untuk masing-masing 30 siswa. Program ini akan terus ditingkatkan untuk menyertakan 68 MSME Technical Centre lainnya yang tersebar di seluruh India serta Indian Institutes of Technology (IITs), Indian Institutes of Information Technology (IIITs), National Institutes of Technology (NITs), dan lembaga pendidikan penting lainnya yang berhubungan dengan pendidikan teknik dan rekayasa di India.

Dengan kombinasi yang kuat dari teori dan pelatihan berbasis laboratorium dari Samsung Digital Academy akan mencakup topik seperti pengenalan platform Tizen, pengujian proses pengembangan aplikasi Tizen dan perangkat debugging Application Programme Interface (API) serta pakaging dan instalasi aplikasi yang dirancang pada berbagai perangkat. Siswa juga akan dilatih untuk bagaimana memindahkan aplikasi yang ada ke platform Tizen. Kurikulum akan dikembangkan oleh Samsung Research Institutes di Delhi dan Bengaluru. Samsung juga akan menyediakan Tizen Software Development Kit (SDK) serta smartphone Samsung Z1 untuk tujuan pengujian.

"Kementerian UMKM terus terlibat untuk memberikan kesempatan kepada pemuda negara ini untuk mengakses perkembangan saat ini di berbagai bidang. Kolaborasi industri memungkinkan kementerian untuk memperkuat program pengembangan keterampilan dengan memberikan pelatihan yang up-to-date dan relevan dengan industri," kata Menteri UMKM India Shri Kalraj Mishra. "Kolaborasi inovatif dengan Samsung ini akan membantu kaum muda untuk belajar mengembangkan konten digital buat ekosistem generasi berikutnya. Dengan program pengembangan keterampilan UMKM yang mencapai pemuda dari semua strata sosial ekonomi, program ini juga akan membantu menjembatani kesenjangan digital," tambahnya.


No comments:

Post a Comment