Samsung Display kembangkan layar eksklusif untuk Tizen TV


Samsung Display terus bergerak untuk mengembangkan teknologi eksklusif bersama Samsung Electronics untuk diterapkan pada layar berjenis Quantum Dot (QD) yang akan digunakan pada produk Smart TV generasi mendatang yang berbasis sistem operasi (OS) Tizen. Ini berbeda dari material QD yang tertutup panel film yang selama ini digunakan oleh Samsung Electronics. Tujuannya tentu saja adalah mengurangi jumlah pengolahan dan biaya produksi dengan margin yang besar.

Samsung Display baru-baru ini telah memulai penelitian pengembangan untuk mendapatkan teknologi QD. Sampai saat ini, Samsung Electronics telah bekerja keras untuk menguasai pasar QD TV melalui internalisasi sumber material untuk membangun produk.

Metode pembuatan QD TV yang digunakan oleh Samsung Electronics pada produk SUHD TV tahun ini menerapkan film QD pada backlight unit (BLU) dari panel LCD dan meningkatkan kapasitas reproduksi warna. Saat ini Samsung Electronics, LG Electronics dan perusahaan China memproduksi QD TV dengan metode yang sama, tapi setelah teknologi baru tercipta, Samsung Electronics akan memiliki metode pembuatan QD TV yang berbeda.

Samsung Electronics telah mengamankan teknologi asli dari Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT) untuk menciptakan sumber QD, dan Hansol Chemical sebagai mitra Samsung bertugas untuk menciptakan material aslinya. Namun harga untuk film QD masih sangat tinggi, sehingga menjadi lebih memberatkan ketika panel menjadi semakin besar. Film QD 30-inchi memiliki harga sekitar $100.

Samsung Display telah mengembangkan metode baru, tidak seperti metode film QD, dengan menggunakan material QD untuk meningkatkan kapasitas reproduksi warna selama proses penyaringan (filter) warna. Filter warna LCD adalah komponen optik dalam bentuk film tipis yang merealisasikan warna di layar berjenis liquid crystal display (LCD). Samsung Display berencana untuk menempatkan material QD dalam pemrosesan warna sehingga cara ini akan bisa mengurangi jumlah pengolahan. Samsung Display juga tidak akan berbagi teknologi QD terkait dengan jaringan pasokan yang telah dibentuk oleh Samsung Electronics untuk menjaga tetap eksklusif.

Salah satu pejabat terkait mengatakan, "Samsung Electronics telah menempatkan upaya panjang untuk membentuk jaringan pasokan terstruktur dan karena itu mereka tidak mau berbagi dengan Samsung Display yang mungkin akan menyebabkan mereka bisa menjual informasi kepada perusahaan saingan mereka. Adalah tugas Samsung Display sendiri untuk menemukan material QD yang lain."