Samsung bangun ekosistem audio untuk semua perangkat elektronik


Samsung Electronics secara dramatis akan meningkatkan kualitas suara dari semua perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk memainkan suara atau musik. Untuk itu, Samsung akan menciptakan ekosistem baru dalam teknologi audio melalui pengembangan dari sisi hardware maupun software.

"Samsung memutuskan bahwa kualitas audio adalah pertimbangan pembelian yang sangat penting. Dengan mengembangkan sistem dan struktur software baru, kami telah berusaha untuk menawarkan suara yang lebih jernih untuk pengguna terlepas dari lingkungan eksternal," kata Kim Juntai, wakil presiden senoir di Samsung Audio R&D Group kepada The Korea Times.

Kim telah bekerja di industri audio selama hampir 30 tahun dan sekarang bertugas mengembangkan teknologi audio untuk Samsung. Mengingat kepemimpinan Samsung Electronics industri elektronik dan smartphone, Kim mengatakan timnya berada dalam posisi yang baik untuk pengembangan lebih lanjut. "Smartphone ada di mana-mana. Anda perlu suara berkualitas tinggi dari perangkat wearable, online streaming ditengah konektivitas. Teknologi Audio terus diperluas dan Samsung siap untuk memimpin tren ini," kata Kim.

Kim mengatakan timnya menjalankan berbagai unit untuk menerima umpan balik secara real-time dari pengguna untuk mencerminkan permintaan yang berbeda dari orang-orang di semua lapisan masyarakat. Dia juga mengatakan bahwa perusahaannya telah bekerja sama dengan divisi bisnis lainnya yang memiliki komponen terbaik untuk menciptakan suara yang natural.

"Melalui Samsung Mobile Accessory Partnership Program (SMAPP), Samsung bekerja sama dengan perusahaan audio top-tier seperti BOSE. Ini adalah bagian dari strategi kami untuk membangun sebuah ekosistem audio," kata Kim.


Adapun untuk mencapai peningkatan kualitas suara yang lebih besar, Kim menekankan upaya terbaik adalah pada audio codec. Audio codec adalah program komputer yang menerapkan suatu algoritma untuk meng-kompres dan dekompresi data audio digital sesuai dengan file audio yang diberikan atau streaming media audio coding format. "Chip codec benar-benar penting untuk suara yang jelas. Samsung telah mengembangkan teknologi codec chip-embedded baru untuk speaker, amplifier dan receiver," katanya.

Menurut Kim, memahami perbedaan budaya adalah tantangan lain juga. "Inilah sebabnya mengapa psychoacoustics juga penting. Kualitas suara mungkin tidak menjadi titik jual yang sangat penting, tetapi peningkatan fitur audio mobile memiliki dampak yang jelas dan langsung pada pengalaman smartphone," tambahnya memberi contoh.