Tuesday, February 10, 2015

"True Multitasking" dengan multi-window di smartphone murah Samsung Z1


Banyak smartphone mahal dengan spesifikasi tinggi dan user interface (UI) yang menawan namun belum bisa melakukan multitasking yang sebenarnya atau 'true multitasking'. Menjalankan dua atau lebih aplikasi dalam waktu bersamaan atau multitasking secara layak itu pada dasarnya sangat tergantung pada kemampuan sistem operasi (OS) yang dijalankannya.

Sebagian besar OS mobile yang ada saat ini mengklaim mendukung fungsi multitasking, namun tidak bisa menampilkannya dalam kasus penggunaan yang sebenarnya. Seringkali kegiatan multitasking ini ditampilkan di background, dan tidak bisa berjalan secara berdampingan dalam satu layar untuk menunjukkan bahwa semua aplikasi ini memang benar-benar berjalan secara multitasking.

Apakah Anda pernah melihat atau menggunakan dua window atau lebih secara bersamaan pada desktop PC Anda? Di perangkat yang menjalankan OS Tizen, pengguna dapat membagi layar dalam beberapa cara dan menyesuaikan ukuran layar masing-masing melalui fungsi yang disebut multi-window. Multi-window adalah fitur opsional pada aplikasi di Tizen User Experience (UX). Berdasarkan fungsinya, aplikasi dengan multi-window bisa menggunakan mode 'full window' atau 'mini window'.

Tidak semua aplikasi di Tizen mendukung fitur multi-window, tergantung kepada pengembangnya mau mengaktifkan fitur ini atau tidak. Aplikasi yang mendukung multi-window selalu memiliki tombol Minimize dalam mode full window untuk beralih ke mini window.

Awalnya Anda mungkin mengira bahwa multi-window hanya bisa bisa berjalan mulus pada smartphone atau tablet dengan layar yang besar dan spesifikasi yang tinggi. Dalam video demo Samsung Z1 dari pcpinside berikut ini, diperlihatkan bagaimana Anda bisa browsing internet sambil menonton video dalam waktu bersamaan di satu layar. Anda juga bisa mengubah ukuran layar dari aplikasi yang mengambang atau floating apps ini.




2 comments:

  1. kayaknya ga akan lama lagi z1 masuk indo, mengingat Android One awalnya rilis di India, trus Bangladesh , trus 3 negara Nepal, Sri Lanka, dan Indonesia, sedangkan Samsung Z1 awalnya di rilis di India, trus terakhir di bangladesh, jadi next kalo menurut pattern.... ya cukup besar lah kemungkinannya dibanding negara lain

    ReplyDelete