Tizen menguasai pasar smartwatch selama 2014


Perusahaan riset Independent Smartwatch Grup mengumumkan data terbaru yang menyebutkan sekitar 6,8 juta smartwatch telah terjual tahun lalu secara global. Dan seperti laporan-laporan sebelumnya yang berasal dari berbagai perusahaan riset pasar, smartwatch berbasis sistem operasi (OS) Tizen masih mendominasi pasar dunia.

Menurut Smartwatch Group, smartwatch di tahun 2014 memiliki harga rata-rata $189, yang turun 16 persen dari harga jual sebelumnya $225 di tahun 2013. Hal ini menggambarkan semakin banyaknya pemain baru yang bermain di pasar menengah ke bawah. Total volume pasar pada tahun 2014 adalah sebesar $1,29 juta, naik dari $711 ribu pada tahun 2013. Secara keseluruhan, penjualan meningkat 82 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Samsung Electronics melalui seri Gear berhasil menjual 1,2 juta unit smartwatch selama tahun 2014 untuk memimpin di daftar teratas diikuti oleh Pebble, yang berhasil mengirimkan sekitar 700.000 unit sebagai runner-up. Namun strategi Pebble yang hanya menjual smartwatch low-end yang berharga murah memberikannya hanya 7 persen dari keuntungan yang diterima di pasar smartwatch, menempatkannya di belakang Motorola Moto 360 (10 persen) dan smartwatch buatan LG (7 persen).

Smartwatch Group menemukan bahwa sekitar 89 perusahaan dari 18 negara yang menjual smartwatch pada tahun 2014. Diperkirakan bahwa tambahan 140 perusahaan saat ini juga sedang bekerja untuk bisa segera merilis smartwatch buatan mereka, yang akan mendorong pertumbuhan pesat di pasar wearable tahun ini.

Berdasarkan data riset sebelumnya, Canalys memperkirakan cuma 720 unit smartwatch berbasis Android Wear dipasarkan selama tahun 2014 dari berbagai vendor. Perusahaan riset lainnya, Strategy Analytics, melaporkan bahwa hingga pertengahan 2014 smartwatch berbasis OS Tizen masih memimpin dengan penguasaan hingga diatas 70% dari pangsa pasar smartwatch dunia, yang diikuti oleh Pebble dan Sony smartwatch.

Sementara sebuah survei yang dilakukan oleh UBS terhadap 4000 responden dari 4 negara (Amerika Serikat, China, Inggris dan Italia) pada awal Desember tahun lalu menempatkan smartwatch seri Samsung Gear yang berbasis OS Tizen berada di puncak daftar keinginan, mengungguli Apple Watch dan beberapa smartwatch berbasis Android Wear dan sistem operasi (OS) lainnya.