Samsung Z1 mendapat sertifikasi Bluetooth 4.1 untuk dukungan IoT


Smartphone Tizen terbaru Samsung Z1 (model SM-Z130H/DS) hari ini mendapat sertifikasi Bluetooth 4.1 dari Bluetooth Special Interest Group (SIG). Bluetooth 4.1 membawa fitur penting yang mendukung operasional Bluetooth Smart, sebuah teknologi rendah daya yang memungkinkan Internet of Things (IoT).

Bluetooth SIG telah mengumumkan adopsi formal dari spesifikasi Bluetooth 4.1 pada bulan Desember 2013. Spesifikasi ini merupakan pembaruan software tambahan dari spesifikasi Bluetooth v4.0. Pembaruan menggabungkan Bluetooth Core Specification Addenda (CSA 1, 2, 3 & 4) dan menambahkan fitur baru yang meningkatkan kegunaan konsumen dengan peningkatan dukungan koeksistensi untuk 4G (LTE), bulk data exchange rates, dan memungkinkan perangkat untuk mendukung peran ganda secara bersamaan.

Fitur baru dari spesifikasi ini meliputi:
  • Mobile Wireless Service Coexistence Signaling
  • Train Nudging and Generalized Interlaced Scanning
  • Low Duty Cycle Directed Advertising
  • L2CAP Connection Oriented and Dedicated Channels with Credit Based Flow Control
  • Dual Mode and Topology
  • LE Link Layer Topology
  • 802.11n PAL
  • Audio Architecture Updates for Wide Band Speech
  • Fast Data Advertising Interval
  • Limited Discovery Time

Bluetooth 4.1 juga membawa koneksi yang lebih baik dan peningkatan transfer data. Hal ini akan meningkatkan pengalaman konsumen dengan memungkinkan perangkat untuk menyambung kembali secara otomatis ketika mereka berada di dekat satu sama lain. Konsumen dapat meninggalkan ruangan dan setelah kembali, dua perangkat yang tadi digunakan akan menyambung kembali tanpa campur tangan pengguna.

Teknologi Bluetooth Smart pada Bluetooth 4.1 juga menyediakan transfer data massal. Misalnya, melalui kemampuan baru ini, sensor yang mengumpulkan data selama berjalan atau berlari, naik sepeda atau berenang, akan mentransfer data yang lebih efisien ketika konsumen kembali ke rumah.

Dengan adopsi pasar yang cepat dari Bluetooth Smart dan penambahan kedatangan konektivitas IP, akan menjadikan Bluetooth 4.1 sebagai link wireless mendasar dalam IoT. Pembaruan ini memungkinkan but sensor Bluetooth Smart untuk juga menggunakan IPv6, memberikan pengembang dan OEM sebuah fleksibilitas yang mereka butuhkan untuk memastikan konektivitas dan kompatibilitas. Hal ini akan menguntungkan buat Samsung Electronics yang sedang membangun bisnis IoT dalam skala besar, yang memungkinkan Samsung Z1 bisa berperan aktif didalamnya.