Samsung kerjasama dengan Merida Bikes untuk pemasaran Gear S


Samsung Electronics Taiwan (台灣 三星) bekerja sama dengan Merida Industri (美 利達), produsen sepeda terbesar di Taiwan, untuk penjualan perangkat wearables Samsung Gear S pada enam toko flagship Merida di Taiwan.

Dalam konferensi pers hari ini di Taiwan, Andy Tu (杜偉昱) yang merupakan general manager dari tim komunikasi mobile di Samsung Electronics Taiwan mengatakan bahwa Gear S dirancang untuk pejalan kaki, atlet bersepeda dan atletik yang tidak merasa nyaman untuk membawa smartphone saat melakukan kegiatan mereka, dan smartwatch ini juga merupakan tracker kebugaran.


Menurut Andy Tu, kerjasama dengan Merida menandai pertama kalinya Samsung Electronics Taiwan akan menjual smartwatch di luar toko retail telekomunikasi miliknya, meberikan kesempatan kepada bisnis lokal untuk mencapai kelompok pelanggan beru.

Taiwan memiliki sekitar 2 juta pengendara sepeda biasa dan smartwatch serbaguna seperti Gear S, yang menawarkan berbagai koneksi data termasuk untuk memberi informasi arah, ketinggian dan prakiraan cuaca, menurut Merida, akan memiliki tingkat permintaan konsumen yang tinggi. Sedangkan Samsung Electronics Taiwan mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk menjual smartwatch melalui toko retail olahraga dan atletik lainnya di masa depan.


Andy Tu mengatakan penjualan Gear S - yang diluncurkan di pasar Taiwan bulan lalu dengan harga NT$ 10.990 (sekitar 4,3 juta rupiah) - memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi sebelumnya Galaxy Gear dan Gear 2, namun pengecer malah meminta lebih karena tingginya permintaan konsumen. Samsung meluncurkan Gear 2 pada bulan April lalu di Taiwan dan Galaxy Gear pada bulan Oktober tahun lalu.

Pengiriman smartwatch global mencapai 1 juta unit pada kuartal kedua tahun ini, dan Samsung Electronics masih memimpin pasar dengan pangsa pasar 73,6 persen, kata Andy Tu yang mengutip data terbaru yang dikumpulkan oleh firma riset Strategy Analytics. Andy Tu mengatakan bahwa pihaknya yakin bahwa pangsa pasar Samsung di pasar SmartWatch global akan tetap tinggi untuk kuartal ketiga, tanpa menyebutkan angka tepatnya.


Dragon Lin (林君龍), general manager dari Ostarts Enterprise (歐 盛達 國際), yang mengoperasikan enam toko flagship Merida, mengatakan Gear S adalah smartwatch pertama yang telah sepakat untuk mereka jual di toko mereka. Dragon Lin mengatakan toko flagship Merida biasanya memperoleh pendapatan bulanan rata-rata NT$ 2 juta (sekitar 800 juta rupiah), dengan 30 persen berasal dari penjualan aksesoris sepeda.

Wakil presiden senior Merida William Jeng (鄭文祥) mengatakan Merida memiliki sekitar 100 gerai ritel di Taiwan, termasuk delapan toko flagship dari 100 ping (330.58m2), 20 pusat pameran antara 50 ping dan 100 ping, dan sekitar 70 toko yang lebih kecil. Dia menambahkan bahwa harga jual rata-rata sepeda Merida lokal adalah antara NT$ 25.000 (sekitar 10 juta rupiah) dan NT$ 30.000 (sekitar 12 juta rupiah), sedangkan yng tertinggi adalah pengiriman sepeda entry level dengan harga NT$ 10.000 atau sekitar 4 juta rupiah.