Video Tizen session di Samsung Developer Conference 2014


Saat berlangsungnya Samsung Developer Conference 2014 (SDC2014) dua minggu lalu di San Fransisco, beberapa sesi yang membahas tentang Tizen diadakan untuk pengembang yang hadir. Selain membahas tentang perkembangan terbaru soal Tizen, juga beberapa sesi teknis tentang pengembangan aplikasi untuk perangkat Tizen, seperti misalnya untuk perangkat wearable dan TV. Berikut ini video Tizen session di SDC2014 selengkapnya.

Tizen Past and Future

Diskusi panel berikut ini membahas tentang perkembangan Tizen, baik di masa lalu dan masa depan. Tamu istimewa yang ikut diskusi kali ini mencakup semua bidang teknologi dan mencakup perwakilan dari OEM (Samsung) yang diwakili oleh Sungjin Lee, dari vendor chip (Intel) yang diwakili Mahesh Bhan, dari Linux Foundation selaku pemilik Tizen yang diwakili oleh Brian Warner yang juga menjadi moderator diskusi, Tizen Association yang diwakili oleh Mark Sage dari operator seluler Orange dan dari pengembangan game (Unity) yang diwakilioleh Corey Johnson.





All Connected with Tizen, Connect yours!

Tizen adalah standar platform software open-source yang didukung oleh operator seluler terkemuka, produsen perangkat dan pemasok silikon. Profile Tizen termasuk smartphone, in vehicle infotainment (IVI), Smart TV, notebook, tablet, dan lainnya. Dalam sesi ini, Taesoo Jun dan Sachin Dev Sharma dari Samsung Electronics akan berbagi visi dan tujuan dari Tizen dan bagaimana pengembang bisa mendapatkan keuntungan. Selain itu, mereka juga membahas detil secara teknis, arsitektur dan membangun blok yang diperlukan untuk mengembangkan solusi dan aplikasi berbasis.





Using the Gear as More Than a Watch

Gadget kecil di pergelangan tangan Anda dapat melakukan lebih dari sekedar memberitahu waktu. Ada set API dan hardware yang tersedia untuk memperluas pengalaman melalui pergelangan tangan. Dalam sesi ini, Piotr Karny akan menunjukkan cara untuk memeras data yang sebanyak dan semenarik mungkin dari Gear Anda, menggunakan baik W3C API dan Device API. Sesi ini direkomendasikan untuk semua pengembang yang memiliki pengetahuan dasar tentang JavaScript dan tertarik untuk mengembangkan aplikasi yang kaya dan menarik untuk Gear Anda.





Take the Dive - Building a New Kind of TV App

Ingin benar-benar menggali dan belajar tentang pengembangan aplikasi TV menggunakan tool Smart TV berbasis Tizen? Trent Lucier dan Marcin Zdun akan mengajak Anda belajar tentang cara menggunakan IDE, emulator, dan toolchain, dan bekerja sama dengan library pihak ke-3. Anda juga akan mendapatkan gambaran dari lingkungan pengembangan, bimbingan untuk membuat aplikasi pada platform baru ini, dan membantu untuk mewujudkan potensi penuh dari lingkungan web TV Tizen berbasis.





SmartTV App Porting guide for Tizen based Smart TV Platform

Pindah dari satu platform yang lain merupakan proses yang membosankan dan seringkali sulit. Tizen, lingkungan baru untuk Smart TV, akan membuat pengembangan aplikasi lebih mudah bagi TV. Hal ini juga termasuk membuat porting aplikasi yang mudah dan cepat, bahkan dengan lebih banyak sumber daya untuk dieksploitasi. Dalam sesi ini, Fred Kim dan Cristian Valladares akan mengajak pengembang akan belajar untuk menggunakan alat-alat yang tersedia dan tentang persyaratan yang diperlukan untuk porting platform aplikasi saat ini ke lingkungan berbasis Tizen yang baru. Sebagian besar kasus penggunaan umum dan tanya jawab tentang porting juga akan dibahas. Juga, fleksibilitas platform web Tizen akan ditampilkan menggunakan game library pihak ketiga berkinerja tinggi yang berjalan di kedua platform Samsung Smart TV.





Rapid Gear Web Application Development with TAU - the Tizen Advanced Web UI Framework

Membuat sebuah aplikasi mini untuk Samsung Gear membutuhkan pemahaman tentang web UI framework. Dalam sesi ini, Youmin Ha dan Piotr Karny dari Samsung Electronics akan memperkenalkan Anda ke Tizen Advanced Web UI Framework, atau TAU. Merancang kontrol flow dalam aplikasi TAU, bersama dengan struktur aplikasi dan widget untuk wearable. Sesi ini direkomendasikan untuk pengembang yang memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan Javascript, dan tertarik untuk mengembangkan aplikasi wearable dengan menggunakan widget Tizen Wearable UI.





Security Analysis on Wearable Devices

Jumlah perangkat dan aplikasi wearable yang menargetkan perangkat wearable terus meningkat. Analisis keamanan sangat penting untuk distribusi konten berkualitas tinggi, dan ekosistem wearable yang aman dan nyaman. Sesi ini akan memperkenalkan metode analisis keamanan umum untuk perangkat wearable dan teknologi analisis intelijen canggih. Informasi lengkap mengenai analisis statis dan dinamis akan disajikan oleh pembicara: Jackson Kang dan Seungwon Ko, serta demo oleh Yongdae Kim.





Partnering up on the Gear S Experience

Pengadopsi awal Gear S memiliki perspektif yang unik pada apa yang mungkin dengan teknologi. Setiap mitra atau partner akan menjelaskan pada audiens melalui berbagai uji kasus yang mereka gunakan, tantangan pengembangan, dan pengalaman bekerja dengan Samsung.

Peserta Panel:
  • Jack Kwok - Mobile Architect, Trulia
  • Edward Thomas - Product Manager, CNN/Turner
  • Wentao Ji - Developer, Groupon
  • Jay Robinson - Designer, Groupon
Moderator: Mike Nabers





Wearable Trends Past, Present, and Future

Pasar wearable telah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir, memberikan konsumen kesempatan untuk mengadopsi dan mengevaluasi.

Peserta Panel:
  • Eddie Hold
  • Karina Reese
  • Jan Wassmann
Moderator: Curtis Sasaki





Getting to know the Tizen Core API

Tizen Core API yang mencakup grafis dan core loop diimplementsikan melalui satu set library yang disebut EFL dari proyek open source Enlightenment. Library ini mencakup berbagai bidang, termasuk scene graphs untuk grafis dan layout, akselerasi OpenGL, komunikasi, widget/kontrol dan banyak lagi. Carsten Haitzler (pendiri Enligtenment/EFL) dari Samsung Electronics akan memberikan gambaran tentang kemampuan Tizen Core API, serta beberapa contoh rinci. Fitur baru dari API ini juga akan dibahas untuk memberikan gambaran tentang apa yang ada dalam pipeline untuk rilis masa depan dari Tizen. pembicara: Carsten Haitzler





Easily Create Multi-screen Games

Teknologi canggih saat ini telah menciptakan permintaan untuk game multi-screen. Di masa lalu, membuat game yang kompatibel dengan semua ukuran layar adalah tugas yang kompleks. Untuk memudahkan proses pengembangan game multi-screen, Samsung bekerja sama dengan Unity, telah menciptakan platform game multi-screen. Calvin JungMin Kim akan menjelaskan cara mudah mengintegrasikan Mulit-screen Game SDK ke dalam Unity game engine dan tutorial mendalam tentang bagaimana mengembangkan game multi-screen yang menyenangkan dan menarik.





One Web App to Rule Them All

Mempersiapkan aplikasi untuk platform baru merupakan tantangan yang dihadapi pengembang untuk memperluas audiens mereka. Membuat aplikasi yang tersedia pada banyak faktor bentuk yang berbeda mungkin sangat penting, tapi mendukung beberapa varian dari aplikasi yang sama dapat meningkatkan biaya overhead, baik dalam waktu dan biaya. Multi-profiling Tizen memungkinkan Anda membuat aplikasi tunggal yang bekerja pada berbagai perangkat mulai dari wearable smartphone dan tablet, serta layar TV yang besar.

Sesi ini berfokus pada konsep dasar fluid design dan bagaimana menggunakan Responsive UI untuk membuat aplikasi Tizen dengan jangkauan universal. Michał Szepielak dari Samsung Electronics akan mengajarkan bagaimana memecahkan masalah-masalah pengembangan umum dan bagaimana meningkatkan alur kerja mereka dengan menggunakan tool pengembangan web yang umum.





Write Once Run "Every Wear"

Sementara platform wearable dapat bervariasi, hal ini tidak berarti Anda harus membuat aplikasi terpisah. Ada praktek coding yang umum di antara mereka - notifikasi wearable, misalnya. Notifikasi berkembang menjadi sesuatu yang diandalkan oleh konsumen diantara fitur dasar lainnya. Notifikasi Android didukung pada perangkat Android Wear serta perangkat Tizen Wearable. Ini termasuk semua perangkat seri Gear - Gear 2, Gear S, dan Gear Live. Konstruksi Android lainnya, seperti intent-based messaging, dapat didukung untuk satu platform wearable tanpa menyebabkan kerusakan yang lain. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fungsi, porting aplikasi Android Wear Anda dari Gear Live ke Gear S yang mungkin menjadi pilihan yang layak untuk Anda. Anna Schaller dan Wei Xiao dari Samsung Electronics akan menjelaskan semua solusi ini.





Lean Back and Enjoy the View - Introducing Tizen based Smart TV SDK1

Apakah Anda ingin memberikan pengelaman menonton video yang luar biasa kepada pemirsa TV, atau membawa ketegangan kepada mereka hingga ke tepi kursi dengan game baru, sesi ini akan menunjukkan tool yang tersedia di Smart TV SDK 1.0 berbasis Tizen. Topik meliputi tool SCK, aplikasi TV berbasis HTML5, demo, dan praktik terbaik. Trent Lucier dari Samsung Electronics akan mengajarkan bagaimana untuk secara efektif memanfaatkan semua tool SDK berbasis Tizen untuk membuat aplikasi Tizen berkualitas tinggi untuk meningkatkan pengalaman pengguna TV.





Connecting Mobile and Wearables - Introduction to Tizen 2.3 SDK

Tizen 2.3 SDK sekarang mendukung perangkat atau profile mobile dan wearable. Dengan SDK ini Anda akan dapat secara bersamaan menjalankan lingkungan yang berbeda, pada beberapa profile, menggunakan emulator mobile dan wearable. Selain itu, SDK menyediakan Web UI Builder baru, mendukung beberapa resolusi layar, untuk menyederhanakan proses pengembangan. Dalam sesi ini, Paweł Sierszeń dari Samsung Electronics akan memberikan gambaran tentang Tizen 2.3 SDK dan melihat lebih dekat pada fitur-fitur baru dalam versi terbaru.





Demystifying Tizen Ecosystem - All you need to know about Tizen Store

Sesi ini akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan tentang ekosistem Tizen dan Tizen Store. Pembicara Kamil Grondys dan Rasekh Rifaat akan mulai dengan mengeksplorasi aspek utama dari Tizen Ekosistem, seperti program outreach pengembang dan layanan pengembang. Setelah itu, akan melihat ke dalam pada Tizen Store dan Tizen Seller Office dan menunjukkan cara untuk mengirimkan aplikasi Tizen. Anda akan mempelajari fitur kunci dan pedoman dari Tizen Store. Juga akan dijelaskan tentang beberapa kebijakan utama Tizen Store untuk pengembang aplikasi seperti bagi hasil.





En"Rich"ing Notifications

Notifikasi di ruang wearable telah mengambil sisi yang penting. Dengan memberikan akses cepat ke informasi, pernagkat wearable mampu menghindari kebutuhan untuk membuka smartphone untuk setiap interaksi. Notifikasi yang kaya, yang dirancang untuk dan didukung pada Gear S, meningkatkan fitur ini melampaui fitur-fitur dasar. Dalam sesi ini, Johan Olsson dan Samir Sahu akan mengajarkan bagaimana mengambil keuntungan dari Rich Notification SDK, termasuk bagaimana untuk mengirim notifikasi dan menghindari penggandaan transmisi, perbedaan antara template primer dan sekunder, bagaimana menggunakan tindakan dalam notifikasi Anda, dan banyak lagi.





Gear S Primer - What you Need to Know to Get Started

Sebelum Anda dapat mengembangkan sebuah aplikasi untuk Gear S, Anda harus kembali ke dasar-dasar. Apa lingkungan pengembangannya? Platform apa yang Anda gunakan? Tool apa saja yang tersedia? Darimana Anda akana memulai? Primer ini akan memandu Anda melalui dasar-dasar dan memberikan yang diperlukan. Eric Cloninge akan membantu Anda akan mempelajari perbedaan antara arsitektur platform, bekerja dengan IDE dan Emulator, tool-tool debugging yang tersedia, dan langkah-langkah singkat dari sample code.