Saturday, November 1, 2014

Samsung luncurkan Game Service Platform untuk Tizen TV (Native & HTML5)


Samsung Electronics hari ini meluncurkan layanan game untuk Smart TV berbasis sistem operasi (OS) Tizen. Layanan Game untuk Tizen TV mendukung game berbasis Web/HTML5 dan game native yang sekelas konsol yang tersedia melalui Game Panel. Untuk itu Samsung telah merilis Game Service Platform (GSP) SDK beserta Caph 2.0 melalui Samsung TV SDK untuk pengembang Web dan Unity SDK for Tizen untuk pengembang game native dengan game engine dari Unity.

Game Panel

Games Panel adalah layanan game khusus dari Tizen TV Smart Hub. Game Panel menyediakan berbagai game dari bermacam genre permainan yang berbeda seperti olahraga, balap, menembak, puzzle, RPG, dll, dan mendukung model monetisasi yang berbeda, seperti free-to-play, in-app pembelian, aplikasi berbayar, dll.

Game Panel mendukung game yang dikembangkan dengan Unity, HTML5, JAVA, C/C++ atau NaCl. Game Panel akan memanfaatkan Samsung GSP dan layanan penagihan untuk menciptakan nilai tambah bagi pengembang game.

Saat ini sudah tersedia sekitar 100 game yang tersedia di Game Panel yang bisa dimainkan dengan menggunakan remote TV, smartphone, perangkat wearable atau gerakan tubuh penggunanya. Demo dari Game Panel bisa dilihat melalui video berikut ini.




Game Service Platform (GSP)

GSP adalah singkatan untuk Game Service Platform, sebuah platform yang terintegrasi untuk game di Game Panel dari Tizen TV. GSP menyediakan berbagai layanan umum yang sering digunakan dalam game seperti otentikasi, grafik sosial, leaderboards (papan ranking dalam game), penerbitan kupon dan lain-lain secara terpadu.

Untuk membantu pengguna Tizen TV menikmati game yang lebih baik, hal ini sangat penting untuk membangun sebuah ekosistem yang harmonis antara pengembang game yang membuat konten dan penyedia Game Panel yang memberikan konten.

Nilai sebenarnya dari GSP adalah untuk menawarkan manfaat baik bagi pengembang game dan penyedia Game Panel dengan memainkan peran jembatan sebagai penyedia solusi teknis antara kedua belah pihak.

Sebuah game untuk Tizen TV harus menyertakan otentikasi, pemberitahuan yang mendesak, dan statistik layanan dari GSP untuk dianggap sebagai GSP game. Pengguna dan pengembang dapat memilih fungsi GSP lainnya pada dasar yang dibutuhkan. Sebagian besar layanan non-mandatory disediakan secara independen, tetapi beberapa fungsi, termasuk item Kupon, mungkin memiliki ketergantungan pada layanan lain.


Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat ‘Development Guide’ dari GSP-SDK. Sedangkan GSP SDK 1.2.3 bisa didownload disini.

Layanan GSP tersedia untuk Samsung Smart TV model tahun 2013 keatas.


Caph

Caph adalah framework aplikasi web untuk membantu mengembangkan aplikasi web dengan mudah dan cepat untuk Tizen TV. Pengembang Web dapat mengembangkan aplikasi yang mengesankan dengan menggunakan Caph. Caph mempercepat animasi pada aplikasi atau game berbasis Web dengan menggunakan akselerasi GPU. Caph juga akan menyediakan berbagai komponen UI dari Tizen TV.

Caph 2.0 telah dirilis bersamaan dengan Samsung TV SDK berbasis Tizen. Caph 2.0 memiliki 3 komponen seperti Base, UI, Theme. Rilis ini adalah untuk paket Caph Base.

Paket Caph Base menyediakan 226 API.
- Dioptimalkan untuk DOM selector & manipulation
- Anda dapat menetapkan Class Anda untuk OOP
- GPU accelerated timeline animation API
- Common utility API

Sedangkan paket UI dan Theme akan rilis pada bulan Januari mendatang.

Tim Tizen TV SDK telah mendistribusikan berbagai contoh aplikasi Tizen TV berbasis HTML5 untuk membantu pengembang dengan pengkodean mereka yang bisa dilihat disini.


Game Engine

Pengembang game dapat menggunakan Unity 3D engine untuk mengembangkan aplikasi game untuk Samsung Tizen TV.

Unity Technologies telah mengumumkan public preview dari Unity 4.5 untuk Samsung Smart TV yang tersedia secara gratis untuk semua pengembang Unity sebagai instalasi terpisah dari Editor 4.5. Tool ini akan diluncurkan secara resmi dengan Unity 5.0, dan akan tersedia secara gratis untuk semua orang untuk digunakan. Jika Anda sudah pernah membuat game untuk smartphone, Anda juga bisa memportingnya dengan mudah ke Smart TV melalui Unity. Penjelasan selengkapnya bisa dilihat disini.

Dan jika Anda belum tahu, berikut ini cara unik memainkan game di Tizen TV dengan Gear Console.




No comments:

Post a Comment