Wednesday, November 5, 2014

Samsung dan Facebook danai perusahaan game untuk membuat game virtual reality


Samsung Electronics mengatakan akan berinvestasi untuk mendanai pengembang game virtual reality (VR) untuk meningkatkan bisnis VR mereka yang baru saja dimulai. Langkah terbaru ini muncul karena kebutuhan untuk menciptakan ekosistem bagi Samsung Gear VR, yang akan dirilis pada awal bulan depan, serta perangkat VR mendatang.

Samsung rencananya akan memberikan dukungan secara finansial untuk mendorong pengembang software untuk membuat konten game buat perangkat VR. Sejumlah pengembang game RPG mobile di Korea dikabarkan telah menerima pesanan game VR dari Samsung.

"Samsung telah berinvestasi di perusahaan game dengan ide-ide dan konten terbaik untuk headset," kata seorang sumber yang dekat dengan masalah tersebut seperti dikutip oleh The Korea Herald hari ini. "Sejauh yang saya tahu pengembang role-playing game [RPG] mobile lokal telah menerima investasi dari Samsung, dan akan segera merilis game untuk Gear VR."

Sumber tersebut juga mencatat bahwa perusahaan game miliknya sendiri juga berencana untuk membuat satu game untuk Gear VR.

Ada sekitar tiga perusahaan Korea yang sedang mempersiapkan untuk meluncurkan game VR dalam waktu dekat, sementara sumber lain mencatat bahwa Facebook melalui Oculus VR, anak perusahaannya yang merupakan pengembang teknologi VR, juga telah membentuk ikatan dengan penyedia konten di Korea.


Samsung dan Facebook (melalui Oculus VR) sebelumnya telah bekerjasama meluncurkan VR headset Samsung Gear VR dengan menggunakan Samsung Galaxy Note 4 sebagai layarnya pada bulan September kemarin. Lewat kunjungan CEO Facebook Mark Zuckerberg ke kantor utama Samsung Elctronics di Seoul pada pertengahan Oktober kemarin, kerjasama dua perusahaan ini dikabarkan akan dilanjutkan dengan pengembangan Gear VR yang khusus disandingkan dengan Tizen TV.

Pada 1 November kemarin Samsung telah meluncurkan Game Service Platform (GSP), sebuah platform yang terintegrasi untuk game di Game Panel dari Tizen TV. GSP menyediakan berbagai layanan umum yang sering digunakan dalam game seperti otentikasi, grafik sosial, leaderboards (papan ranking dalam game), penerbitan kupon dan lain-lain secara terpadu. Samsung kemungkinan juga akan menggandeng Facebook untuk layanan ini.


No comments:

Post a Comment