Wednesday, October 15, 2014

Samsung umumkan teknologi 5G 7,5Gbps tercepat di dunia dan koneksi stabil 1,2Gbps


Samsung Electronics hari ini mengumumkan dua industri tonggak pertama dalam pengembangan teknologi jaringan telekomunikasi 5G, setelah Samsung bisa mencapai clock speed 7,5Gbps, atau 940MB per detik, transmisi data 5G tercepat yang pernah ada di lingkungan stasioner. Samsung Electronics juga menjadi yang pertama di industri untuk mencapai koneksi stabil pada 1,2Gbps, atau 150MB per detik, dalam lingkungan mobile dari kendaraan berjalan dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam.

"Kami akan terus membangun tonggak ini dan mengembangkan teknologi canggih yang berkontribusi terhadap standar 5G," kata Kim Chang-yeong, Kepala DMC R&D Center di Samsung Electronics. "Selain meningkatkan kemampuan R&D global kami sendiri, kami juga akan terus bekerja sama dengan para pemimpin industri dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia. Apakah Anda berbicara tentang perangkat mobile, cloud, atau Internet of Things, permintaan untuk standar telekomunikasi 5G dan teknologi pendukungnya akan terus tumbuh."

Selain angka yang jelas, uji stasioner Samsung baru-baru ini juga sukses pada tes industri pertama 5G yang dilakukan di lingkungan luar. Sebelumnya kesuksesan tes 5G pertama di industri ini telah dilakukan dengan stabil, lingkungan dalam ruangan, termasuk laboratorium. Sementara itu, pengujian mobile mengambil tes 5G ke tingkat lain, seperti yang dilakukan dari balapan kendaraan pada kecepatan tinggi pada trek balap profesional sepanjang 4,35km.

Kedua tes stasioner dan mobile dilakukan melalui jaringan 5G 28GHz. Sampai saat ini, industri secara keseluruhan belum menggunakan frekuensi yang lebih tinggi, seperti 28GHz, meskipun memiliki keuntungan yang berhubungan dengan kecepatan, karena jangkauan komunikasi yang pendek. Namun, Samsung berhasil mengatasi hambatan tersebut melalui tekonolgi Hybrid Adaptive Array yang mereka kembangkan sendiri, yang menggunakan pita frekuensi gelombang milimeter untuk memungkinkan penggunaan frekuensi yang lebih tinggi melebihi jarak yang lebih luas. Sementara standar 5G belum diratifikasi, jaringan 5G diharapkan akan menawarkan kecepatan transmisi data yang puluhan, jika tidak ratusan, kali lebih besar dari 4G LTE.

Tonggak uang baru-baru ini juga meningkat tujuh kali lipat pada hasil pengujian dari Mei 2013, ketika Samsung menjadi industri pertama untuk mencapai 1Gbps melalui jaringan 5G 28GHz.

Sementara Samsung mempertahankan fokus pada perkembangan teknis, perusahaan juga terus melibatkan anggota industri lainnya dalam diskusi, termasuk melalui organisasi penetapan standar, untuk membantu mengarahkan arah keseluruhan pembangunan 5G. Baru-baru ini, Samsung mengusulkan 5G Rainbow kepada anggota industri lainnya. 5G Rainbow mengidentifikasi tujuh pilar teknis inti dari teknologi 5G yang benar-benar akan memastikan pengalaman pengguna 5G yang berbeda. Pilar ini adalah tingkat maksimum data, efisiensi spektral, kecepatan mobilitas, laju transmisi data pada batas sel, jumlah koneksi simultan, komunikasi delay, dan biaya. Untuk mengatasi kebutuhan teknis, Samsung telah mengembangkan beragam teknologi kunci, seperti teknologi transmisi untuk band frekuensi tinggi, beberapa skema akses dan jaringan latency rendah.








Via Samsung Tomorrow

No comments:

Post a Comment