Samsung investasi 17 triliun untuk pabrik TV dan peralatan rumah tangga baru di Vietnam

Sekretaris Jenderal Partai Vietnam Nguyen Phu Trong dan Vice Chairman Samsung Electronics Jay Y. Lee

Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan $1,4 miliar atau sekitar 17 triliun rupiah (berita sebelumnya menyebut $560 juta atau sekitar 7 triliun rupiah itu hanya untuk pabrik TV) untuk membangun sebuah pabrik peralatan rumah tangga baru di Vietnam. Pabrik yang akan berada dalam kompleks seluas 700.000 meter persegi ini akan memproduksi televisi dan peralatan rumah tangga, karena tahun depan produsen TV terbesar di dunia ini akan mulai merilis Tizen TV dan peralatan rumah tangga berbasis Tizen dalam berbagai rentang harga yang berbeda untuk pasar global.

Samsung mengkonfirmasi investasinya di kompleks baru ini akan mencakup produksi TV, AC, mesin cuci, kulkas dan produk elektronik rumah tangga lainnya serta modal kerja. Samsung berencana untuk merintis jalan untuk pembangunan kompleks mulai awal tahun depan dan bagian lengkap kompleks akan selesai pada akhir tahun depan. Samsung juga mengatakan akan terus berinvestasi di kompleks baru ini hingga 2020.

Samsung sebelumnya telah melakukan investasi besar-besaran dalam fasilitas produksi di Vietnam untuk seluruh segmen bisnis mereka, terutama smartphone dalam upaya untuk menurunkan biaya produksi dan bersaing dengan produsen China. Anak perusahaan Samsung Group, Samsung Display pada bulan Juli sebelumnya juga telah mendapat persetujuan untuk membangun pabrik layar senilai $1 miliar di Vietnam.

Pengumunan ini bertepatan dengan pertemuan antara vice chairman Samsung Electronics Lee Jae-yong (Jay Y. Lee) dengan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong di kantor pusat Samsung di Seocho. Pemimpin puncak Vietnam itu akan tinggal di Korea selama tiga hari atas undangan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye.

Laporan dari Korea mengatakan bahwa Sekjen Nguyen Phu Trong akan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Samsung yang membuat serangkaian investasi besar-besaran di Vietnam. Ia juga dikenal telah mengambil bagian dalam upacara untuk mentransfer persetujuan investasi untuk pabrik Samsung senilai 1 miliar dolar di Ho Chi Minh yang terletak di sebelah selatan Vietnam.

Seharusnya walikota Ho Chi Minh Le Hoang Quan yang mengirim sertifikat persetujuan untuk perjanjian bisnis tersebut. Jadi pengiriman dokumen persetujuan terbaru oleh salah satu pimpinan partai secara pribadi dianggap belum pernah terjadi sebelumnya. Banyak yang berpendapat bahwa investasi luas yang dilakukan oleh Samsung ke Vietnam telah memiliki dampak yang sangat besar dalam meningkatkan perekonomian Vietnam, dan hal ini membuat Vietnam ingin memberikan penghargaan khusus buat Samsung.

Tahun lalu, pabrik Samsung di Vietnam tercatat menorehkan rekor ekspor senilai 24 miliar dolar (sekitar 284 triliun rupiah), atau sama dengan 18 persen dari total ekspor buat Vietnam. Ini hanya dari satu pabrik. Dan ini hanya dari satu pabrik Samsung saja, belum yang lainnya.