Samsung bangun pabrik semikonduktor terbesar di dunia senilai 180 triliun


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk menginvestasikan 15,6 triliun won atau sekitar 180 triliun rupiah untuk mendirikan fasilitas pembuatan chip baru di bagian barat laut Korea untuk lebih memenuhi melonjak tuntutan permintaan global untuk chip semikonduktor.

Samsung mengatakan akan mendirikan pabrik baru di Pyeongtaek, sekitar 70 kilometer selatan Seoul, pada semester pertama tahun depan, dengan tujuan memulai produksi chip komersial pada tahun 2017.

"Zona industri semikonduktor direncanakan akan didirikan di Pyeongtaek yang akan mengambil peran penting dalam masa depan bisnis chip Samsung," kata Kwon Oh-hyun, CEO dari Samsung Electronics. "Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, provinsi Gyeonggi dan Pyeongtaek atas dukungan mereka pada investasi ini."

Samsung menambahkan bahwa fasilitas baru ini akan membawa dampak yang "signifikan" pada daya saing produksi chip dan merevitalisasi perekonomian nasional. Samsung mengatakan bahwa pabrik baru ini diperkirakan secara langsung dan tidak langsung akan menghasilkan 150.000 pekerjaan, bersama dengan efek kekayaan sebesar 40 triliun won atau sekitar 457 triliun rupiah.

"Kami belum memutuskan apakah pabrik ini akan memiliki fokus pada chip memori atau chip sistem," kata Kim Ki-nam, kepala dari divisi bisnis chip memori di Samsung, sambil menambahkan bahwa perusahaannya akan menyelesaikan keputusannya tergantung pada kondisi pasar. Kim juga menambahkan bahwa Samsung akan terus berinvestasi dalam jumlah yang sama tahun depan, jika tidak lebih banyak lagi di sektor semikonduktor.

"Meskipun ada kekhawatiran atas kemungkinan kelebihan pasokan chip memori, dengan permintaan baru yang terus naik dari smartphone, pergerakan Samsung tidak akan menyebabkan kejenuhan tersebut," tambah Kim Ki-nam. "Kami berharap untuk mempertahankan tingkat yang stabil."


Dengan Samsung Electronics kini sudah memegang dua fasilitas pembuatan chip di Giheung dan Hwaseong, yang juga terletak di Provinsi Gyeonggi, Samsung mengatakan lini produksi baru akan menyelesaikan apa yang disebut "semiconductor cluster" terbaik yang akan muncul sebagai hub untuk industri chip global.

Samsung mengatakan telah memperoleh tanah seluas 2,83 juta meter persegi di Pyeongtaek, penambahan 15,6 triliun won akan digunakan untuk membangun jalur produksi pada area seluas 790.000 meter persegi dari area keseluruhan. Samsung akan datang dengan rencana investasi tambahan di masa depan tergantung pada kondisi pasar. Setelah selesai, pabrik di Pyeongtaek akan menjadi fasilitas pembuatan chip terbesar milik Samsung, dengan ukuran area yang digunakan di Giheung dan Hwaseong masing-masing seluas 1,32 juta meter persegi dan 1,58 juta meter persegi.

Pada tahun 2013, kombinasi investasi Samsung di bisnis chip sebesar 12,6 triliun won. Samsung juga memiliki pabrik semikonduktor di Texas, Amerika Serikat, bersama dengan tiga lainnya di China. Saham Samsung Electronics langsung naik 0,88 persen dan ditutup pada 1.151.000 won pada bursa utama Senin, sementara KOSPI bergerak turun 0,39 persen dari sesi perdagangan sebelumnya.