Friday, October 10, 2014

Samsung akan kembangkan ekosistem mobile bersama Facebook

Presiden Samsung Mobile JK Shin dan Mark Zuckerberg di kantor Samsung.

Upaya Samsung untuk bisa melarikan diri secepatnya dari Android mendorong banyak perusahaan teknologi utama untuk mendekat, untuk menjajaki kerjasama yang selama ini sulit dilakukan ketika Samsung masih bergantung pada Google. Setelah bermitra dengan Nokia untuk menghadirkan layanan pemetaan HERE Maps untuk menggantikan Google Maps, Samsung Electronics diperkirakan juga akan bekerjasama dengan Facebook untuk layanan jejaring sosial (SNS).

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan COO (Chief Operating Officer) Facebook Sheryl Sandberg, sekali lagi akan berkunjung ke kantor utama Samsung di Korea Selatan untuk membahas kerjasama dalam membangun ekosistem bersama, khususnya yang berhubungan dengan fungsi SNS untuk pasar global. Dua orang kepala eksekutif puncak di Facebook ini akan berada di Korea Selatan pada tanggal 14 Oktober mendatang untuk bertemu dengan Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jay-yong (Jay Y. Lee) dan Presiden Samsung Electronics untuk divisi IT dan Mobile Communications (IM) Shin Jong-kyun (JK Shin).

Pada bulan Juni 2013, Mark Zuckerberg juga sempat berkunjung ke kantor utama Samsung Electronics di Seocho-dong, Seoul selatan, untuk bertemu dengan hampir semua pimpinan eksekutif di Samsung Electronics. Tidak banyak yang bisa diungkap dari pertemuan ini karena semua yang terlibat tidak mau membicarakannya ke media.

Vice Chairman Jay Lee dan Mark Zuckerberg juga kembali bertemu saat berlangsungnya Allen & Company Sun Valley Conference yang digelar pada bulan Juli lalu di negara bagian Idaho. Jay Lee datang ke konferensi ini dengan membawa agenda utama untuk memperluas kemitraan buat Tizen. CEO Google Larry Page yang juga ikut hadir di konferensi ini dikabarkan merasa kecewa berat dengan gencarnya Samsung membangun ekosistem untuk Tizen.

Pertemuan dua kali antara Jay Lee dan Mark Zuckerberg mulai membuahkan hasil. Samsung dan Facebook melalui anak perusahaannya Oculus VR bersama-sama meluncurkan virtual reality (VR) headset Samsung Gear VR dengan menggunakan Samsung Galaxy Note 4 sebagai layarnya pada bulan September kemarin. Facebook juga menjadi penyedia utama untuk layanan SNS pada perangkat wearable Tizen terbaru, Samsung Gear S.

Selain menyediakan layanan portal jejaring sosial online Facebook, Facebook juga memiliki anak perusahaan yang juga memiliki basis pengguna yang besar seperti Instagram dan WhatsApp.


No comments:

Post a Comment