Mark Zuckerberg berbagi pengalamannya mengunjungi pabrik Samsung di Facebook


Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg hari ini berbagi foto dan pengalamannya dalam kunjungannya ke salah satu pabrik Samsung Electronics di Hwaseong, Korea Selatan. Kunjungan Mark Zuckerberg ini sebelumnya telah memicu spekulasi di komunitas IT tentang kerjasama yang lebih kuat antara perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia dan produsen elektronik terbesar di dunia.

Spekulasi ini bukannya tidak berdasar, karena memang bertepatan dengan upaya Samsung Electronics memperluas penetrasinya di luar bisnis smartphone ke Internet of Things (IoT) dan bisnis berorientasi software lainnya. Sementara Facebook juga berupaya memperluas penetrasi layanan software buatannya ke perangkat mobile dan elektronik lainnya.

Zuckerberg memposting foto dirinya dan enam orang lain dari perusahaannya termasuk David Marcus, mantan presiden PayPal yang keluar untuk bergabung dengan Facebook sebagai wakil presiden untuk produk messaging, dan Sheryl Sandberg, chief operating officer (COO) Facebook, yang sedang mengunjungi pabrik chip di Hwaseong sambil mengenakan seragam resmi karyawan yang serba tertutup untuk menjamin bebas debu dan partikel lainnya:




Dalam beberapa bulan terakhir, Samsung telah mengalihkan fokus utama mereka ke pengembangan software yang mandiri dengan menggelar berbagai forum untuk programmer dan software engineer, termasuk sebuah forum open-source untuk sistem operasi (OS) Tizen yang turut mereka kembangkan.

Kerjasama lebih lanjut dengan Facebook diharapkan dapat membantu memantapkan pijakan Samsung masuk ke dalam bidang yang didominasi oleh Apple maupun Google.

Mark Zuckerberg sebelumnya dilaporkan telah menghadiri jamuan makan malam dengan Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jay-yong (Jay Y. Lee) pada hari Selasa di kantor pusat Samsung di Seocho, Distrik Gangnam, Seoul selatan. Pertemuan ini juga memicu spekulasi bahwa kedua perusahaan akan bekerja sama lebih lanjut pada pengembangan perangkat virtual reality dan layanan seperti Gear VR, headset virtual reality Samsung yang dibuat melalui kerjasama dengan Oculus, yang sebelumnya telah diakuisisi oleh Facebook pada bulan Maret.

Ada juga spekulasi kemungkinan Samsung untuk berkolaborasi pada penciptaan Facebook Phone. Meskipun beberapa Facebook Phone sebelumnya yang dikembangkan oleh perusahaan smartphone asal Taiwan HTC, telah gagal untuk diterima oleh pasar, namun Samsung dan kondisi pasar saat ini dianggap telah berbeda yang memungkinkan Samsung dan Facebook untuk berjuang habis-habisan.

Ini adalah untuk ketiga kalinya Mark Zuckerberg dan Jay Y. Lee bertemu tahun ini. Keduanya juga bertemu setahun lalu di markas Samsung saat Mark Zuckerberg mengunjungi Seoul. Sepertinya dua pemimpin muda untuk dua perusahaan terbesar di bidangnya masing-masing ini telah memiliki rencana kerjasama yang semakin matang.