Alibaba hadirkan layanan internet dan toko aplikasi HTML5 untuk ekosistem Tizen


Saat menjadi salah satu pembicara utama di Tizen Developer Summit 2014 Shanghai pada hari Senin (20/10) kemarin, Yu Yong-fu selaku CEO dari UC Mobile di Alibaba Group memperkenalkan berbagai layanan yang telah diluncurkan oleh perusahaannya untuk ekosistem Tizen. Total ada 3 layanan utama yang dihadirkan oleh Alibaba, yaitu platform web UC Browser, layanan navigasi Autonavi atau AMAP dan layanan pencarian internet sm.cn (神马).

Shen Ma Search atau sm.cn adalah mesin pencarian mobile terbesar kedua di China setelah Baidu yang diluncurkan pada bulan Mei kemarin melalui penggabungan dengan mesin pencarian Yisou milik Alibaba. Shen Ma adalah usaha patungan antara Alibaba dengan UCWeb, yang memiliki saham 70% dari perusahaan. Alibaba sendiri telah resmi mengakuisisi UCWeb pada bulan Juni kemarin, setelah sebelumnya cuma menjadi investor utama di UCWeb.

Sementara AutoNavi adalah layanan pemetaan dan navigasi terpopuler di China yang berbasis di Beijing yang telah dibeli oleh Alibaba pada bulan April 2014 dengan harga $1,5 miliar atau sekitar 17,5 triliun rupiah. Samsung sendiri telah bekerjasama dengan raksasa e-commerce Asia yang berbasis di Hangzhou ini untuk membenamkan layanan AutoNavi di smartphone mereka mulai tahun ini.


Sedangkan UC Browser seperti yang Anda tahu adalah browser mobile terpopuler di banyak negara, termasuk di India, Indonesia dan tentunya juga China. UC Browser memiliki 500 juta pengguna dari 150 negara, dimana 65% pengguna mobile di China dan 40% di India menggunakan browser ini untuk menjelajah internet.


UC Browser telah banyak dikenal sebagai browser berbasis proxy, untuk menyediakan pengalaman yang kaya fitur dan penjelajahan internet yang cepat, bebas hambatan. Anda bisa browsing dengan mode penyamaran, sinkronisasi bookmark di cloud dan menonton video streaming secara offline.


"Pengalaman UC Browser di Tizen lebih baik daripada di Android, karena Tizen lebih terbuka untuk penggunaan UC Proxy, sebuah layanan yang dapat memberikan kompresi dan akselerasi melalui cloud untuk lalu lintas data yang lebih cepat dan lebih menghemat waktu untuk mengakses halaman web." kata Yu Yong-fu.


Selain itu, UC Browser juga menyediakan toko aplikasi HTML5 untuk perangkat Tizen dimana pengguna bisa menambahkan aplikasi web berbasis HTML5 ini ke browser mereka. Karena aplikasi ini hanya disimpan di bookmark, tidak ada download atau proses instalasi. Saat ini sudah ada ribuan aplikasi dan game berbasis web yang disediakan oleh mitra potensial dan pengembang web. UC Web Store saat ini juga telah menjadi salah satu portal game terpopuler di China dan semuanya akan dioptimalkan untuk perangkat Tizen dari Samsung.


UC Browser di smartphone Tizen Samsung Z

Berikut ini video demo UC Browser yang berjalan pada smartphone Tizen Samsung Z.