Smartwatch LX36, Samsung Gear 2 'KW' dari China


Salah satu indikasi dari kesuksesan suatu produk gadget adalah munculnya versi "KW" atau "supercopy" dari China yang berharga jauh lebih murah. Fenomena ini sekarang tidak hanya menimpa produk smartphone atau tablet, tapi juga smartwatch yang mulai diterima pasar. Sebagai smartwatch terlaris saat ini, tidak mengherankan kalau Samsung Gear 2 menjadi target pertama yang dikloning.

Walaupun penampakan sekilas sangat mirip dengan Samsung Gear 2, namun ada beberapa perbedaan terkait spesifikasi hardware dan dukungan software. Smartwatch LX36 seperti juga layaknya smartphone buatan China, menggunakan prosesor buatan MediaTek dalam hal ini MTK6260A dengan clock speed cuma 300MHz dan memori RAM yang digunakan juga cuma 128MB. Bandingkan dengan Gear 2 yang diperkuat prosesor dual-core Exynos 3250 1.0GHz dan memori RAM 512MB.

CPU dan RAM yang rendah dari LX36 sepertinya tidak akan membuat kinerjanya menjadi terlalu lambat karena tidak ada dukungan aplikasi pihak ketiga, walaupun sama-sama menggunakan OS Tizen. Ini seperti membandingkan feature phone dimana penggunanya harus pasrah dengan semua aplikasi bawaan dengan smartphone.

Smartwatch LX36 juga tidak dilengkapi sensor denyut jantung seperti Gear 2 untuk layanan kesehatan, serta resolusi layar yang digunakan juga lebih rendah cuma 240x240 piksel dalam dimensi layar 1,54-inci berjenis OGS LCD. Namun LX36 memiliki kamera 2 megapiksel sama seperti Gear 2.


Satu-satunya kelebihan dari LX36 dibanding Gear 2 adalah kapasitas memori internal yang dua kali lipat lebih banyak 8GB untuk menyimpan foto, video maupun file musik MP3, serta Radio FM. Anda juga bisa mengganti memori di LX36, karena pada dasarnya yang digunakan adalah microSD. Namun untuk ini Anda harus membongkar penutup belakangnya, yang sekaligus juga mengindikasikan LX36 tidak tahan air dan debu seperti Gear 2.

Buat Anda yang ingin cuma bergaya dengan smartwatch yang "mirip" dengan Samsung Gear 2, LX36 ini dijual pada kisaran harga 1 jutaan yang bisa didapatkan secara online untuk yang tinggal di luar China. Untuk menggunakannya, Anda harus memasangkan LX36 dengan smartphone Android versi 4.0 keatas.