Tuesday, September 9, 2014

Kacamata pintar Samsung Gear Blink berbasis Tizen akan meluncur Maret 2015


Samsung Electronics akan semakin memperluas penetrasinya ke pasar wearable dengan meluncurkan beragam model baru tahun depan. Setelah smartwatch dan VR (virtual reality) headset, Samsung telah menyiapkan kacamata pintar atau smart glass berbasis sistem operasi (OS) Tizen tahun depan.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, Samsung akan meluncurkan kacamata pintar bernama Samsung Gear Blink pada bulan Maret 2015 bersamaan dengan Galaxy S6. Sejauh ini Samsung telah mematenkan produk dengan nama Samsung Gear Blink baik di Kantor Paten dan Merek Dagang di Korea Selatan maupun Amerika Serikat.


Berdasarkan merek dagang nomor 4020140033123 di Korean Intellectual Property Rights Information Service (KIPRIS), Samsung Gear Blink adalah kacamata pintar yang mengandalkan teknologi augmented reality, yang salah satunya berfungsi untuk menciptakan keyboard virtual yang diproyeksikan ke tangan si pemakai yang memungkinkan untuk mengetik di udara.

Sementara aplikasi paten lain yang diterbitkan awal tahun ini menunjukkan sebuah headset yang dikombinasikan dengan sebuah earphone dengan layar kecil didepan mata pemakai, mirip Google Glass namun tanpa bingkai kacamata (lihat gambar disamping). Dan paten lainnya di bulan Maret menunjukkan smart glass dengan desain yang memang mirip dengan kacamata pada umumnya (lihat gambar diatas).

Samsung telah memanfaatkan teknologi eye-watching di lini smartphone mereka sebelumnya, dengan membangun fitur yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri teks dengan melihat ke atas atau ke bawah dan bisa membuat layar terkunci sementara pengguna melihat layar.

Kita belum tahu desain maupun teknologi mana yang akan digunakan oleh Samsung untuk Gear Blink, tapi setidaknya untuk perangkat wearable, Tizen telah merambah model kacamata pintar.

No comments:

Post a Comment