Wednesday, August 13, 2014

Samsung berencana produksi Smart TV murah


Samsung Electronics berencana untuk meluncurkan Smart TV dengan harga murah untuk memperluas penetrasinya di negara-negara berkembang di tengah persaingan sengit dari perusahaan China dan penurunan penjualan secara global di industri TV.

Menurut sumber industri dari Korea pada 12 Agustus kemarin yang dikutip oleh Electronics Times, Samsung Electronics baru-baru ini telah menghubungi beberapa spesialis desain semikonduktor dalam negeri (fabless) untuk mencari perusahaan yang akan memasok System-on-Chip (SoC) murah untuk Smart TV. Samsung berencana untuk membandingkan kinerja dan harganya dengan SoC buatan Mstar dari Taiwan yang selama ini digunakan.

Selama bertahun-tahun Samsung Electronics menggunakan SoC buatan Mstar untuk Smart TV kelas menengah, sedangkan untuk kelas high-end mereka menggunakan SoC buatan sendiri. Situasi yang sama seperti produksi smartphone mereka yang mengandalkan chip buatan luar untuk versi murah. Pada tahun 2012, SoC dari Mstar ini telah yang digunakan di lebih dari 60% dari produk Smart TV Samsung.

"Samsung Elctronics mencoba untuk menggunakan chip mereka sendiri untuk semua produk, tapi sangat sulit untuk membuatnya lebih murah dibandingkan produk Mstar," kata orang dalam industri. "Setelah semua yang dilakukan, Samsung memutuskan untuk melakukan outsourcing buat chip untuk Smart TV murah dan mulai mencari pemasok."

Mstar sejak lama adalah produsen SoC No 1 di pasar DTV (Digital TV) global. Tahun lalu mereka melakukan merger dengan produsen SoC No.2 MediaTek yang juga berasal dari Taiwan, sehingga pangsa pasarnya semakin meningkat.

Samsung Electronics diketahui berencana untuk memproduksi chip fablesses dengan pemrosesan 28nm di DS fab. "Kompetisi harga sangat ketat di pasar ini," kata orang dalam industri. "Jika Samsung Electronics gagal mengembangkan chip murah sendiri, akan sulit untuk menemukan sebuah perusahaan yang akan menggantikan Mstar."

No comments:

Post a Comment