Thursday, August 7, 2014

Linux 3.16 dirilis, berikan dukungan penuh buat Samsung Exynos dan F2FS


Linus Torvalds telah merilis update utama keempat di tahun 2014 untuk kernel Linux minggu ini melalui debut Linux 3.16 pada 3 Agustus kemarin. Update ini menjadi menarik karena membawa dukungan penuh untuk beberapa komponen hardware buatan Samsung.

Dalam hal arsitektur chip misalnya, Linux 3.16 memberikan dukungan penuh untuk System-on-Chip (SoC) Samsung Exynos.

"Kami sudah menahan Samsung untuk menambahkan dukungan SoC baru sampai mereka membereskan dukungan multi-platform mereka, yang kini telah mereka lakukan," tulis pengembang kernel Linux Olof Johansson dalam pesan Git nya kepada Linus Torvalds. "Kami sangat senang bisa membangun sebuah kernel yang mendukung Exynos bersama dengan platform lain sekarang (Tegra, i.MX, OMAP, dan lainnya). Ini juga berarti bahwa sedikit dukungan backlog SoC mereka kini telah dipilih jadi kami punya banyak clock driver dan hal-hal lain untuk seri chip [Exynos] 3250 dan 5410/5420/5800."

Dukungan untuk Flash-Friendly File-system (F2FS) juga mendapat peningkatan dalam Linux 3.16 seperti yang ditulis oleh pengembang kernel Linux Jaegeuk Kim dalam pesan Git nya kepada Linus Torvalds.

F2FS adalah sistem file flash yang dikembangkan oleh tim Samsung Electronics untuk kernel Linux. Motif F2FS adalah untuk membangun sebuah sistem file yang dari awal memperhitungkan karakteristik dari perangkat penyimpanan berbasis memori flash NAND (seperti SSD, eMMC, dan SD card), yang banyak digunakan dalam sistem komputer mulai dari perangkat mobile hingga server. Samsung memilih pendekatan sistem file log-terstruktur, yang disesuaikan dengan bentuk-bentuk baru media penyimpanan.

Penambahan dukungan untuk Samsung Exynos ini diharapkan juga akan menarik banyak orang untuk membuat arsitektur data center berbasis ARM sebagai alternatif untuk x86.

Update lainnya yang menarik adalah unifikasi hirarki control group yang telah dijelaskan secara panjang lebar oleh Jonathan Corbet sejak 2012 di lwn.net dan penambahan dukungan driver seperti pada GPU Radeon dan sensor dari Dell. Rilis baru ini dinamai "Shuffling Zombie Juror."

No comments:

Post a Comment