Intel luncurkan chip 3G terkecil di dunia untuk perangkat wearable dan Internet of Things

Intel pada hari Selasa kemarin meluncurkan modem 3G terkecil di dunia untuk pasar Internet of Things (IoT), sehingga bisa digunakan untuk perangkat wearable, peralatan rumah tangga dan Smart Home. Chipset XMM 6255 yang baru cuma berukuran 300mm dan memanfaatkan teknologi Intel Power Transceiver, yang didesain untuk menggabungkan fungsionalitas transmiter dan receiver dengan power amplifier dan manajemen daya terintegrasi, semua pada satu chip.

Intel XMM 6255 diposisikan untuk produk wearable seperti smartwatch, serta untuk berbagai sensor dan meter yang sedang dibangun ke peralatan rumah tangga yang terhubung untuk kebutuhan pasar IoT yang sedang berkembang.

"Hari ini, kami meluncurkan secara komersial XMM 6255 untuk memberikan solusi nirkabel untuk miliaran perangkat 'pintar' dan terhubung yang diharapkan dalam tahun-tahun mendatang," kata Intel dalam posting blog.

"Perangkat dengan faktor bentuk kecil seperti smartwatch atau sensor mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk antena 3G berukuran normal, yang dapat mempengaruhi kualitas konektivitas dan kehandalan," kata Intel. "Modem XMM 6255 dirancang khusus untuk perangkat tersebut dan memberikan konektivitas 3G terbaik bahkan dengan antena volume kecil yang tidak memenuhi standar kualitas ponsel konvensional."

Modem XMM 6255 menggabungkan transceiver SMARTI UE2p radio frequency (RF) milik Intel ke lapisan power amplifier 3G yang memberikan kecepatan download hingga 7.2 Mbps dan kecepatan upload 5,6 Mbps. Modem dimasukkan dalam modul u-blox SARA-U2 yang telah tersedia untuk mitra Intel, yang meliputi X-Gold 624 baseband processor, chip memori, dan isoplexer untuk antena dalam paket yang lebih kecil dari uang logam.

Intel juga telah menerapkang beberapa fitur manajemen daya ke modul SARA-U2, termasuk konverter PA DCDC dan direct-to-battery power. Hasilnya adalah "modem terkecil yang membantu produsen meminimalkan biaya material untuk pembuatan perangkat mereka" sementara juga melindungi "radio dari overheating, puncak tegangan, dan kerusakan pada kondisi penggunaan yang sulit, yang penting untuk memonitor keamanan dan perangkat penting IoT lainnya."

XMM 6255 juga memberikan beberapa manfaat terbaik dalam kondisi kurang optimal. Misalnya, modem dapat menghadirkan "komunikasi yang handal" di daerah yang lemah sinyal seperti di garasi mobil, tempat parkir gedung atau ruang bawah tanah.