Thursday, August 28, 2014

Ingin kalahkan Chromium, Mozilla dan Samsung tunjukkan cara penggunaan web engine Servo untuk aplikasi HTML5


Dalam dunia pengembangan software yang serba cepat saat ini, HTML5 adalah sebuah teknologi baru yang memungkinkan untuk pengembangan dengan cepat dan tangkas dengan tingkat portabilitas yang tinggi. Banyak platform, termasuk Android, yang menggabungkan HTML5 runtime, yang pada dasarnya adalah browser engine, sebagai alternatif untuk pengembangan native.

Namun untuk saat ini, siapa saja yang ingin menanamkan HTML5 ke dalam aplikasi mereka memiliki sejumlah browser engine dengan pilihan yang sangat terbatas: WebKit yang dikelola oleh Apple dan Blink yang dikelola oleh Google sebagai satu-satunya pilihan. Ada sebuah proyek yang bertujuan untuk menciptakan pilihan lain yang lebih baik.

Servo dibangun dengan Rust, bahasa pemrograman baru mirip C++ yang juga sedang dikembangkan oleh Mozilla dengan tujuan untuk memberikan landasan yang aman dan handal dengan menghindari penggunaan memori yang berlebihan dan buffer overflow, vektor serangan umum yang sering dijumpai browser saat ini. Mekanisme task yang ringan dari Rust menjanjikan untuk memungkinkan untuk isolasi yang halus antara komponen browser, seperti tab dan ekstensi, tanpa perlu skema perlindungan runtime yang mahal, seperti isolasi proses sistem operasi.

Setelah dimulai beberapa tahun yang lalu, browser engine Open Source Servo saat ini merupakan proyek penelitian bersama dari Mozilla dan Samsung. Kontribusi Samsung disini dalam hal porting ke prosesor multicore berjenis ARM. Samsung melihat bahwa penyebab dari lambatnya browser web karena tidak bisa memaksimalkan semua core, karena terjebak pada penggunaan core tunggal atau single core. Dan code JavaScript selama ini juga berjalan pada thread tunggal. Sedangkan pertumbuhan hardware pada perangkat mobile lebih pada penggunaan prosesor dengan banyak core (multi-core), bukannya pada kecepatan core.


Ada dua tujuan yang menyeluruh untuk Servo di tahun 2014:
  • Menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada browser engine lainnya. Servo bertujuan untuk memiliki latency dan throughput yang secara signifikan lebih baik daripada browser engine lainnya.
  • Mengimplementasikan seluruh arsitektur Servo. Agar meyakinkan, kita perlu merendering sebagian besar halaman web dengan semua komponen arsitektur utama dilaksanakan.

Presentasi dari Mozilla dan Samsung berikut ini akan memberikan beberapa latar belakang dari Rust, alasan di balik Servo dan arsitekturnya, dan bagaimana menggunakannya sebagai embedding engine HTML5 untuk aplikasi Anda.




No comments:

Post a Comment