Samsung luncurkan printer dengan CPU dual-core dan OS terbuka berbasis web


Samsung Electronics hari ini meluncurkan printer laser warna A4 dan printer multi-fungsi (MFP), yang dirancang khusus untuk usaha kecil dan menengah. Printer laser warna dan MFP ProXpress C2620/2670 keduanya dilengkapi dengan fitur kunci seperti teknologi konektivitas NFC dan Samsung open platform XOA Web. Apa itu XOA Web?

XOA Web adalah platform software terbuka berbasis web yang dirancang oleh Samsung untuk solusi bisnis yang bisa disesuaikan untuk B2B. XOA singkatan dari eXtensible Open Architecture dan bisa diartikan juga adalah sistem operasi (OS) untuk printer buatan Samsung.


Pada tahun 2010, Samsung Electronics merilis XOA Embedded, sebuah platform terbuka yang fleksibel dan kuat berbasis Java dan Web untuk menjalankan solusi bisnis pada printer dan MFP. XOA Embedded menyediakan banyak fitur yang kaya untuk mendukung solusi yang kompleks. Tapi platform ini hanya dapat diterapkan untuk produk high-end, seperti MFP A3, karena diperlukan spesifikasi hardware yang tinggi. Sedangkan platform XOA Web tidak perlu spesifikasi hardware yang tinggi karena didasarkan pada server web, maka memungkinkan berbagai perangkat dari low-end printer laser A4 hingga high-end MFP A3 untuk bisa menggunakan platform ini untuk menjalankan solusi bisnis.

Platform XOA Web memungkinkan akses ke aplikasi yang dibuat oleh Independent Software Vendor (ISV) pihak ke-3, sehingga memungkinkan kustomisasi yang mudah untuk semua jenis kebutuhan bisnis. Misalnya dengan mengadopsi solusi dari aplikasi FollowMe dari Ringdale, pengguna dapat mengirim dokumen ke printer dari workstation, smartphone atau tablet dan diotentikasi untuk pekerjaan cetak mereka di setiap printer yang didukung.

Melalui XOA Web, Samsung dapat memberikan solusi enterprise terintegrasi yang disesuaikan dengan printer multi-fungsi dan mesin fotokopi untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari berbagai pelanggan dalam bisnis, pendidikan, kesehatan, pemerintahan dan lainnya.

"Samsung telah merilis XOA Web untuk memperluas jumlah perangkat dari printer laser A4 low-end hingga MFP A3 high-end yang kompatibel dengan berbagai solusi B2B," kata Joosang Eun, Senior Vice President of Sales and Marketing, Samsung Electronics.


Dari sisi hardware, printer laser warna dan MFP ProXpress C2620/2670 dilengkapi layar sentuh LCD 4,3-inci dan CPU dual-core 533MHz.