Samsung luncurkan inisiatif kesehatan digital berbasis platform terbuka: SAMI dan Simband


Samsung Electronics hari ini meluncurkan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mengarahkan sumber daya dan inovasi dari industri teknologi global untuk memberdayakan individu untuk lebih baik mengelola dalam kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri. Samsung Digital Health Initiative didasarkan pada hardware dan software open platform yang akan mempercepat pengembangan sensor, algoritma, serta pengumpulan data dan analisis yang canggih.

Pada sebuah acara bertajuk "Voice of the Body" di SFJAZZ Center San Fransisco hari ini, tim Samsung Strategy and Innovation Center (SSIC) mendemontrasikan platform terbuka dalam faktor bentuk wearable wristband (gelang wearable), menunjukkan bagaimana perangkat berdasarkan referensi desain "cetak biru" ini dapat digunakan untuk melacak pengukuran seperti denyut jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah. Samsung juga menunjukkan arsitektur software yang terbuka dan bagaimana hal itu dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, agregat dan menampilkannya dalam format yang memungkinkan konsumen untuk lebih memahami apa yang sedang terjadi dalam tubuh mereka.

Platform terbuka ini, dikombinasikan dengan perjanjian seperti yang baru-baru ini diumumkan oleh Samsung dan University of California, San Francisco (UCSF) untuk memvalidasi teknologi baru untuk kesehatan dan kesejahteraan pribadi, yang dirancang untuk membantu pengusaha membawa produk inovatif ke pasar dengan lebih cepat.

"Samsung Digital Health Initiative menyediakan kesempatan yang menarik bagi pemikiran cerdas di dunia teknologi untuk datang bersama-sama untuk mengembangkan produk-produk yang akan, untuk pertama kalinya, menempatkan individu dalam kursi pengemudi dalam memahami kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri," kata Young Sohn, presiden dan chief strategy officer, Device Solutions (DS), Samsung Electronics. "Pada saat pengeluaran kesehatan sudah pada tingkat rekor dan ketika jumlah orang di atas usia 60 tahun di seluruh dunia diperkirakan akan melebihi lebih dari 1,2 miliar pada tahun 2025, kesehatan digital merupakan area yang sangat penting untuk inovasi. Kami percaya inisiatif ini merupakan langkah pertama yang penting dan kami mengundang pengembang dan mitra di seluruh dunia untuk bergabung dengan kami dalam menciptakan teknologi masa depan yang akan membantu membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih sehat."


Teknologi kunci yang diluncurkan Samsung untuk inisiatif kesehatan digital adalah:
  • Open Hardware Platform: Samsung Simband adalah referensi desain hardware terbuka untuk teknologi wearable, mampu mengintegrasikan teknologi penginderaan yang paling maju di dunia. Simband sedang dirancang secara modular, memungkinkan untuk inovasi di daerah seperti baterai, faktor bentuk dan teknologi sensor non-invasif. Inovator diundang untuk menggunakan platform referensi untuk membuat dan memberikan kontribusi sensor, algoritma dan teknologi canggih lainnya milik mereka sendiri. Simband adalah referensi desain Samsung dan pihak ketiga akan digunakan untuk mengembangkan produk. Ini tidak akan dijual secara komersial. Pendekatan ini dimaksudkan untuk mengarahkan pada penciptaan ekosistem untuk hardware dan algoritma yang akan memungkinkan teknologi baru untuk dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam produk jadi.
  • Open Software Architecture: Samsung Architecture for Multimodal Interactions (SAMI) akan menjadi platform software terbuka berbasis cloud yang mampu menyatukan data yang beragam dari berbagai sumber untuk dianalisa. Ini akan memungkinkan perangkat dan sensor untuk menyimpan data di cloud dengan aman terlepas dari format atau struktur sumbernya. Pekerjaan SAMI adalah untuk membuat informasi lebih tersedia, untuk memecah silo informasi yang terbuka dan memberikan akses aplikasi dan layanan ke data dalam jumlah besar untuk memberikan wawasan yang lebih baik. Dalam pendekatan Samsung, SAMI akan memungkinkan data untuk bisa dikendalikan oleh individu dan bukan oleh pihak ketiga, sehingga data kesehatan pribadi dapat lebih terlindungi.


Kombinasi teknologi sensor dan algoritma yang dirancang untuk Simband dan software berbasis SAMI akan memudahkan pemahaman individu akan tubuh mereka sendiri ke tingkatan yang baru - untuk pertama kalinya menghadirkan voice ke pemahaman yang lebih dalam buat kesehatan dan kesejahteraan pribadi. Selain itu, melalui pengembangan teknologi penginderaan baru dan software, mungkin saja wawasan yang sama sekali baru dan tak terbayangkan sebelumnya dalam kesehatan dan kesejahteraan dapat dihasilkan.

"Tubuh kita selalu memiliki sesuatu untuk dikatakan tapi sekarang, dengan sensor, algoritma dan software canggih, kita akhirnya akan dapat menyetel ke apa yang diberitahu oleh tubuh kita," kata Dr Michael Blum, wakil kanselir asosiasi untuk informatika di UCSF. "Validasi teknologi tersebut akan meningkatkan kualitas data yang dikumpulkan dan membantu memajukan kemampuan untuk membawa produk baru ke pasar dengan cepat. UCSF bangga untuk memainkan peran penting dalam upaya untuk memfokuskan sumber daya peningkatan teknologi digital pada kesehatan."


Untuk mendukung Digital Health Initiative miliknya ini, Samsung hari ini juga mengumumkan Samsung Digital Health Challenge, dana investasi $50 juta yang didedikasikan untuk start-up dan teknologi yang inovatif di bidang kesehatan digital. Tujuan dari dana ini adalah untuk merangsang pendekatan baru yang kreatif untuk kesehatan digital dan platform terbuka dari Samsung. Informasi tambahan tentang Samsung Digital Health Challenge dapat ditemukan di www.samsung.com/ssic.