Sunday, April 6, 2014

RDP Backend digabung dengan Wayland via Weston, berjalan mulus di TIZEN 3.0


Satu bulan yang lalu sebuah remote compositor terpencil berbasis FreeRDP Weston pada Wayland telah diusulkan. Sekarang setelah menjalani enam kali revisi kode, Weston Remote Desktop Protocol backend telah digabungkan dengan Wayland.

FreeRDP adalah implementasi open source dan free dari protokol RDP, yang dirilis di bawah Lisensi Apache dan tersedia pada OS X (via X11 ), Cygwin untuk Microsoft Windows, OpenBSD, FreeBSD, Linux, Solaris. FreeRDP umumnya digunakan pada instalasi Linux desktop untuk menghubungkan ke komputer Microsoft Windows yang menjalankan layanan Remote Desktop, termasuk Windows XP Professional, Windows 2000 Terminal Server, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1.

Selanjutnya FreeRDP menjadi remote desktop backend yang pertama untuk Weston. FreeRDP disediakan sebagai library linkable tetapi juga termasuk di sejumlah solusi klien RDP dan remote desktop.

RDP backend ke Weston ini menunggu klien RDP untuk berhubungan dan kemudian mengirimkan frame-update untuk klien tersebut. Setiap klien RDP memiliki seat sendiri - sehingga menjadi multi-seat yang friendly di Weston - dan frame update dapat dilakukan dengan codec surface atau RemoteFX. FreeRDP adalah sesuai dengan sebagian besar protokol Microsoft RDP 7.1.

Remote display back-end yang masih awal untuk Weston ini sekarang tinggal bersama dengan backend DRM, Wayland, Headless, and FBDEV frame-buffer dalam lini utama Weston. Penambahan kode kompositor RDP telah lebih dari 1.000 baris kode dan digabung dengan commit ini. Mengaktifkan dukungan Remote Desktop Protocol memerlukan peralihan --enable-rdp-compositor pada saat kompilasi.

Berikut ini sampel dari penerapan Weston dengan RDP Backend di TIZEN 3.0.





No comments:

Post a Comment