Monday, April 28, 2014

NTT DoCoMo siapkan 3000 aplikasi untuk TIZEN, Samsung siapkan ekosistem TIZEN di Rusia


NTT DoCoMo, operator telekomunikasi terbesar di Jepang dan anggota dewan dari Tizen Association, memang telah memutuskan untuk menunda perilisan smartphone dengan sistem operasi (OS) TIZEN untuk tahun fiskal 2013. Namun hal itu tak mengurungkan mereka untuk terus bekerja memperkaya ekosistem aplikasi untuk TIZEN.

Menurut salah seorang pengembang dan penggiat ekosistem mobile berbasis web di Jepang, NTT DoCoMo telah bekerja dengan ribuan pengembang web di Jepang untuk mengembangkan aplikasi HTML5 buat TIZEN. "Ponsel TIZEN telah ditunda, tetapi NTT DoCoMo telah bekerja dengan lebih dari 3.000 aplikasi & pengembang web di Jepang tahun lalu," kata Tomoya Asai dari Dynamis Japan.

Samsung siapkan ekosistem TIZEN untuk Rusia

Smartphone TIZEN sendiri kemungkinan akan dirilis pertama kali di Rusia pada pertengahan tahun ini. Samsung telah bekerja keras dalam satu tahun terakhir ini dengan komunitas pengembang di Rusia dengan menyelenggarakan serangkaian seminar dan hackathon untuk TIZEN dan bekerjasama dengan pengembang konten dan layanan software lokal, seperti misalnya dengan Yandex dan VKontakte.

Pada bulan Maret kemarin, Samsung juga telah memperbarui TIZEN STORE dengan penambahan pilihan pembayaran untuk Rusia. Untuk produk yang dirilis di Rusia, pilihan pembayaran mCommerce dan QIWI telah ditambahkan. mCommerce saat ini hanya didukung oleh dua penyedia layanan (MegaFon dan Beeline), sedangkan QIWI didukung oleh semua penyedia.

2 comments:

  1. at the moment this tizen device (http://sammytoday.com/news/4-8-inch-smartphone-possibly-running-tizen-os-tested-in-india-on-its-way-to-selected-markets.html) is scheldued for three markets: Russia, UK and Franch Bouygues Telecom

    ReplyDelete