Samsung dan Unity akan rilis SDK pengembangan game untuk TIZEN TV?


Samsung Electronics sekali lagi akan menjadi sponsor utama untuk penyelenggaraan acara tahunan Unite Korea 2014 yang akan diselenggarakan oleh Unity Technologies, penyedia tool pengembangan dan engine multi-platform Unity, di Intercontinental Seoul Coex, Samsung-Dong, Gangnam-Gu, Seoul, Korea Selatan, dari tanggal 9-10 April 2014.

Menurut sumber yang kita terima dari Korea, Kim Kyu-ho, wakil presiden senior di tim Game Service untuk divisi Media Solution Center (MSC) di Samsung Electronics, akan menjadi salah satu pembicara utama di acara ini. Keberadaan SVP Kim di acara untuk pengembang ini erat kaitannya dengan akan dirilisnya tool pengembangan game untuk Smart TV berbasis sistem operasi TIZEN yang akan didukung oleh Unity.

Samsung Electronics berencana untuk meluncurkan TIZEN TV pada akhir tahun ini. Saat menghadiri acara "Samsung Partnership Day 2014" pada 6 Maret kemarin di sebuah hotel di Yangjae-dong, Seoul, Korea Selatan, wakil presiden Samsung Visual Display Business Kim Hyun-suk mengatakan "TIZEN TV akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini."

"Dengan diterapkannya OS TIZEN pada Smart TV, kita akan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan," kata Yoon Boo-keun, Samsung Co-CEO dan Presiden untuk divisi Consumer Electronics (CE). "Kita akan bekerjasama dengan divisi IT & Mobile (IM)."

"Banyak yang percaya bahwa TIZEN adalah sebuah OS untuk smartphone tetapi sebenarnya juga dioptimalkan untuk perangkat lain. Kami akan menggunakan TIZEN di TV dalam waktu dekat," kata Lee Young-hee, wakil presiden eksekutif untuk pemasaran di Samsung Electronics pada konferensi pers di sela-sela berlangsungnya MWC 2014 kemarin.

Samsung telah bermitra dengan Unity Technologies untuk menciptakan Samsung Multiscreen Gaming SDK. Ini adalah game engine yang dibangun di atas Samsung Multiscreen SDK yang memungkinkan pengembang game untuk membuat pengalaman gaming multiscreen dimana orang-orang bisa bermain di setiap TV layar lebar menggunakan smartphone atau tablet Samsung sebagai konsol.