Thursday, March 6, 2014

CEO Samsung: TIZEN TV akan meluncur akhir tahun ini


Samsung Electronics berencana akan meluncurkan Smart TV pertama yang berbasis sistem operasi (OS) TIZEN pada akhir tahun ini setelah sukses menerapkan TIZEN pada produk wearable device sebelumnya.

Saat menghadiri acara "Samsung Partnership Day 2014" hari ini di sebuah hotel di Yangjae-dong, Seoul, Korea Selatan, wakil presiden Samsung Visual Display Business Kim Hyun-suk mengatakan "TIZEN TV akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini." Dia tidak berkomentar ketika ditanya soal harganya.

"Dengan diterapkannya OS TIZEN pada Smart TV, kita akan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan," kata Yoon Boo-keun, Samsung Co-CEO dan Presiden untuk divisi Consumer Electronics (CE). "Kita akan bekerjasama dengan divisi IT & Mobile (IM)."

Samsung Electronics sebelumnya dikabarkan telah mulai memporting aplikasi Smart TV yang ada sebelumnya ke aplikasi TIZEN. Untuk lebih mempercepat ketersediaan aplikasi yang melimpah buat ekosistem TIZEN untuk Smart TV yang sulit dicapai jika membangun dari awal semua, Samsung juga akan berusaha mengkonversi ekosistem aplikasi untuk Smart TV yang ada untuk platform Samsung Smart TV sebelumnya, yaitu "Smart Hub" ke OS TIZEN.

Samsung Smart Hub atau Samsung Apps TV adalah ekosistem aplikasi terbesar untuk TV jika dibandingkan dengan toko aplikasi untuk platform Smart TV lainnya. Dengan cara ini Samsung berharap selain bisa mempersingkat waktu pengembangan, juga bisa untuk mengamankan semua aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

Selain itu, Samsung telah bekerjasama dengan perusahaan pengembang aplikasi dan konten untuk Smart TV seperti Hand Studio, Busidol, DGMIT, dll untuk mengembangkan aplikasi buat TIZEN TV.

Saat berlangsungnya acara "Tizen Association Reception Party" di hotel ARTS Barcelona sehari sebelum berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) 2014, Samsung selaku anggota dari Tizen Technical Steering Group (TSG) mengumumkan bahwa TIZEN Project telah menambahkan dua profile baru selain mobile dan sistem infotainment dalam mobil (IVI), yaitu TV dan wearable, yang saat ini sudah diterapkan buat smartwatch Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo.

"Banyak yang percaya bahwa TIZEN adalah sebuah OS untuk smartphone tetapi sebenarnya juga dioptimalkan untuk perangkat lain. Kami akan menggunakan TIZEN di TV dalam waktu dekat," kata Lee Young-hee, wakil presiden eksekutif untuk pemasaran di Samsung Electronics pada konferensi pers di sela-sela berlangsungnya MWC 2014 kemarin.

No comments:

Post a Comment