Strategi TIZEN bergolak di internal Samsung


Pergolakan sedang berlangsung dalam strategi Samsung Electronics untuk sistem operasi (OS) TIZEN. Setelah smartphone TIZEN pada akhir bulan ini, diharapkan serangkaian produk yang berbasis OS TIZEN lainnya seperti TV dan peralatan rumah tangga akan dirilis satu demi satu. Namun, gerakan yang terkait hal ini hampir tidak terdeteksi dari luar. Samsung dalam hal ini memiliki keunggulan kompetitif di pasar TV dan peralatan rumah tangga di atas Apple (iOS) dan Google (Android), para pengembang OS yang menjadi pesaing utama, dan dengan peluncuran produk TIZEN diantisipasi akan bisa menghasilkan sinergi yang kuat.

Menurut sumber dari Samsung Electronics dan industri terkait, Samsung Electronics secara eksternal akan segera mengumumkan perilisan TIZEN TV dan peralatan rumah tangga dan saat ini mereka sedang "membuat persiapannya sesuai jadwal." Namun, secara internal, ada suara-suara yang masih mengekspresikan skeptisisme. "Tidak ada kebutuhan untuk melepaskannya secara buru-buru," kata orang dalam dari divisi Consumer Electronic (CE) di Samsung Electronics. "Kami memutuskan untuk memperluas enterprise dengan rencana ini, dan dengan demikian tidak dalam tahap untuk menguji kembali rencana tersebut. Namun, kami tidak yakin kapan produk akan dirilis."

Hal ini juga bisa diamati di area yang berkaitan dengan Tizen TV, yang diharapkan akan rilis awal tahun ini bersama-sama dengan smartphone TIZEN. "Sampai musim gugur terakhir, ada tanda-tanda bahwa sesuatu akan terjadi. Tapi, kita tidak melihat gerakan ini sama sekali untuk saat ini," kata CEO dari sebuah perusahaan yang menjalin kemitraan dengan Samsung Electronics. "Tampaknya bahwa bisnis TIZEN TV telah ditunda (ditangguhkan sementara)."

"Penempatan pesanan untuk aplikasi khusus harus mengambil tempat pertama untuk TIZEN TV yang akan dirilis. Tapi, belum ada yang dilakukan," kata CEO perusahaan lainnya yang menjadi salah satu pemasok untuk Samsung Electronics. "Beberapa orang mengatakan bahwa perusahaan akan melanjutkan dengan rencana mereka setelah melihat respon terhadap 'webOS TV' dari LG Electronics," Seorang pejabat tinggi dari Samsung Electronics telah menjelaskan, "TIZEN TV akan dirilis setelah ekosistem termasuk aplikasi eksklusif telah mapan."

Hal ini kemudian dianalisa bahwa penundaan tersebut telah secara signifikan dipengaruhi oleh divisi IT dan Mobile Communications (IM), yang harus memiliki posisi yang kokoh untuk rencana tentang TIZEN. Meski telah mencatat rekor kinerja tinggi tahun lalu untuk Samsung Electronics, namun menurut salah satu sumber industri, telah kehilangan kekuatan untuk mempromosikan bisnis smartphone TIZEN sebagai akibat dari kondisi yang rendah tahun ini setelah kegagalan Galaxy S4.

"Sejumlah rencana telah dipromosikan untuk mengaktifkan TIZEN. Tapi, kemudian banyak yang tidak pergi seperti yang kita perkirakan," kata seorang eksekutif dari divisi CE di Samsung Electronics. "Kami memiliki keterbatasan karena [proyek] TIZEN dipimpin oleh Media Solution Center (MSC)."