Samsung luncurkan Smart Media Networks dengan teknologi Smart Cache dan Web Acceleration untuk perangkat IoT di MWC 2014


Samsung Electronics akan memperkenalkan 'Smart Media Networks' di Mobile World Congress 2014 yang akan berlangsung minggu depan di Barcelona, Spanyol. Smart Media Networks adalah solusi terbaru Samsung yang dirancang untuk pengiriman konten mobile di era Internet of Things (IoT).

Smart Media Networks termasuk teknologi Samsung Smart Cache, yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan meningkatkan kecepatan download buat pengguna akhir dan secara drastis mengurangi lalu lintas data sepanjang jaringan backhaul. Dengan lokasi server cache pada BTS mobile, yang berada di jaringan terdekat dari pelanggan mobile, pengguna akhir dapat menikmati akses cepat ke konten multimedia yang populer. Operator seluler sangat senang dengan solusi Samsung Smart Cache ini karena memastikan pengalaman pengguna yang berkualitas tinggi bahkan selama handover cell di daerah perkotaan yang padat.

Samsung juga akan membawa teknologi pengiriman konten yang canggih untuk jaringan mobile. Dengan bekerja sama dengan Akamai Technologies, pemimpin global dalam solusi CDN, Samsung akan menunjukkan Web Acceleration, yang akan mengoptimalkan konten halaman web yang kompleks, dan mobile traffic prioritization, yang mengutamakan trafik data ke pengguna akhir. Dengan menggabungkan kedua teknologi, demonstrasi Samsung akan menampilkan bagaimana perangkat pengguna akhir akan mampu memuat halaman web secara langsung, bahkan di lingkungan radio yang sangat padat.

Selain teknologi caching di node jaringan mobile, Samsung akan memperkenalkan alat analisis jaringan mobile buat operator seluler. Alat ini dirancang untuk menemukan akar penyebab degradasi kualitas video dengan menganalisis kondisi jaringan bersama dengan konten video yang diterima oleh pengguna akhir untuk memberikan umpan balik yang aktif buat operator. Demonstrasi Samsung akan menunjukkan bagaimana alat ini secara otomatis melacak elemen dalam jaringan yang menyebabkan kinerja yang kurang dari pengiriman video dan perbaikan masalah.

"Samsung mengharapkan 'Smart Media Networks' untuk memberikan pengalaman mobile yang lebih baik bagi pengguna akhir," kata Sam Baker, Wakil Presiden dan Kepala Grup Pemasaran di Bisnis Jaringan di Samsung Electronics. "Solusi ini juga akan menjadi cara yang paling efisien dan cerdas bagi operator seluler untuk mengatasi konten multimedia yang terus berkembang pesat pada jaringan mereka. Samsung akan terus berinvestasi dalam solusi pengalamatan yang cocok untuk pengiriman konten pada jaringan mobile."

Karena lalu lintas mobile data terus tumbuh, studi terbaru menunjukkan lebih dari setengah dari lalu lintas yang dihasilkan adalah dari konten video. Dengan perkembangan ini, operator global sedang mencari cara untuk membangun jaringan yang efektif untuk pengiriman konten dan Samsung siap untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan solusi Smart Media Networks.