Pasar game HTML5 terus tumbuh dan stabil di 2014


Selama beberapa tahun terakhir, pasar game HTML5 telah berkembang, tetapi masih terus diabaikan sebagai platform alternatif untuk pengembangan game. Dari langkah pertama dari pelopor pengembangan game berbasis web, pasar ini terus tumbuh dengan bentuk yang stabil. Sejak itu, game HTML5 telah mengambil lompatan besar dan menunjukkan bahwa game berbasis web dapat benar-benar bekerja.

Tentu saja tahun 2013 lebih sukses daripada tahun 2012. Dari waktu stagnasi berpindah ke titik pandang yang lebih optimis berkat keterlibatan dari peristiwa-peristiwa penting di kalangan komunitas pengembang. Dari sini, bisakah berharap tahun 2014 untuk lebih optimis? Mari kita coba untuk mencari tahu.

Pengembang dan penerbit game mulai menaruh harapan besar pada HTML5

Konferensi onGameStart yang berlangsung pada bulan September 2013 di Warsawa, Polandia, adalah ringkasan terbaik dan bukti keadaan saat ini dan masa depan dari game HTML5. Kehadiran pengembang dan terutama penerbit HTML5 terbesar menunjukkan bahwa pasar ini telah berkembang dengan baik. Kehadiran penerbit dan sponsor juga membuktikan kalau mereka mendukung celah pasar ini dan ingin mempromosikannya dan mengembangkannya.

Sebuah artikel dari readwrite menjelaskan bagaimana HTML5 akan mencapai traksi di tahun 2014. Terlepas dari kenyataan bahwa bagian dari pasar nampaknya masih menyangkal potensi teknologi HTML5, tampaknya bahwa standar web telah membuat kemajuan yang signifikan pada tahun 2013.

"Web APIs created by Mozilla gave HTML5 some much needed oomph that help it run apps on smartphones and tablets. Combined with CSS and JavaScript, HTML5 is what the Web will be built on in the future. And it will just be the Web, mobile or otherwise."

Jadi, ini adalah salah satu alasan mengapa hal itu juga dapat berpengaruh dengan kuat pada pengembangan pasar game HTML5. Dengan cara ini kita dapat melihat dorongan yang lebih besar untuk menyebarkan aplikasi masa depan sebagai aplikasi cross-platform yang dapat diakses dari perangkat mobile atau desktop.

Unsur lain yang menjanjikan adalah peluncuran TIZEN STORE yang banyak ditunggu oleh pengembang HTML5. TIZEN sendiri adalah, ”An open source, standards-based software platform supported by leading mobile operators, device manufacturers, and silicon suppliers for multiple device categories such as smartphones, tablets, netbooks, in-vehicle infotainment devices, and smart TVs.”

Platform ini dapat merevolusi pasar aplikasi dan game web. Bagian dari pengembangan usaha itu adalah TIZEN STORE dimana pengembang HTML5 dapat meng-upload dan menjual aplikasi dan game mobile berbasis web mereka. Seiring dengan TIZEN, Amazon sekarang juga mulai memberikan dukungan untuk game HTML5, yang dapat dilihat dalam pengembangan platform mereka sendiri. Hal ini jelas bahwa kebutuhan untuk game HTML5 telah berkembang secara luas dari sejumlah penerbit game besar.

Dalam sebuah artikel yang diposting di Develop Online, kita bisa melihat prediksi oleh para pengembang game untuk 2014. Kita bisa melihat titik pandangan yang sangat optimis terhadap kualitas dan pengembangan sektor mobile gaming. Salah satunya adalah dari Ella Romanos, CEO dari emode Studios. Kata-katanya hanya mengkonfirmasi bahwa pengembang berharap untuk melihat game HTML5 dengan kualitas yang lebih tinggi dengan anggaran yang lebih besar dimasukkan ke dalam pengembangan. "Kita pasti akan melihat pengembangan yang lebih di HTML5 dan WebGL, menghasilkan lebih banyak game yang menggunakan teknologi ini diproduksi dengan kualitas tertinggi dan dengan anggaran yang lebih besar."

Artikel ini juga menyebutkan Spil Games, salah satu pemain terbesar di sektor game HTML5. Dengan investasi yang diterima oleh perusahaan ini dan dukungan mereka untuk pengembangan game HTML5, kita sudah dapat melihat bahwa game HTML5 benar-benar telah bisa melompat jauh lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Game HTML5 bisa menjadi jauh lebih layak, terutama dengan investasi besar-besaran Spil Game ke sektor ini. Saya juga berpikir kita akan melihat game indie jauh lebih canggih daripada sekarang sehingga akan ada rute langsung ke konsol utama," kata Daniel Da Rocha, Managing Director dari Mudvark.

Engine game HTML5 semakin canggih

Engine yang mendukung pengembangan game HTML5 sudah mulai mendapatkan bentuk dan kinerja yang terbaik pada tahun 2013. Pada saat ini, engine ini lebih terlihat di komunitas, dan penggunaannya semakin mendorong batas-batas pengembangan lebih lanjut.

Salah satu peristiwa yang paling penting adalah perilisan Unity versi 4.3 dengan dukungan untuk game 2D. Akhirnya, akan lebih jauh lebih nyaman untuk memproduksi, misalnya, game native berdasarkan JavaScript. Dengan cara ini pengembang kemungkinan tidak hanya mendukung komunitas dengan membeli lisensi Unity, tetapi mereka mendapatkan manfaat yang sama dalam versi 3D. Mereka bisa belajar dan mengembangkan keterampilan coding lebih lanjut.

Turbulenz juga membuat game engine 2D/3D mereka open source yang merupakan kesempatan yang fantastis bagi komunitas pengembang. Save the day, salah satu game HTML5 yang dibuat berdasarkan engine Turbulenz tidak hanya terlihat menawan, tapi juga gameplay yang sangat menghibur.


Patut disebutkan juga engine WebGL yang secara luas telah digunakan sebagai solusi teknologi untuk pengembangan grafis tiga dimensi (3D) buat game HTML5. Semuanya ini memberi kesan bahwa game HTML5 tidak lagi cuma aplikasi sederhana dan lambat, namun telah tumbuh lebih besar dan lebih baik dalam kualitas.