NTT DATA MSE akan pamerkan teknologi Miracast untuk TIZEN di MWC 2014


NTT DATA MSE (NTTデータMSE), perusahaan pengembangan software embedded terbesar di Jepang yang berada dibawah naungan NTT DATA Group, telah mengembangkan layanan Miracast untuk TIZEN, yang menghubungkan antara sistem infotainment di dalam kendaraan (IVI) dengan smartphone. Layanan ini rencananya akan dipamerkan di acara Mobile World Congress (MWC) 2014 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, mulai minggu depan.

Miracast adalah standar peer-to-peer wireless screencasting yang dibentuk melalui koneksi Wi-Fi Direct dengan cara yang mirip dengan Bluetooth. Hal ini memungkinkan pengiriman audio dan video secara nirkabel ke atau dari desktop, tablet, ponsel, dan perangkat lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk, misalnya, memperbanyak tayangan yang sama yang ada di layar dari ponsel atau tablet ke TV, berbagi layar laptop dengan proyektor pada ruang konferensi secara real-time, dan menonton program langsung dari tayangan TV kabel pada tablet. Baik kedua perangkat pengirim dan penerima harus mendukung teknologi Miracast untuk bisa bekerja sama.

Solusi sistem Miracast yang dikembangkan oleh NTT DATA MSE pada perangkat TIZEN ini diwujudkan dengan mengikuti teknologi:
  • Teknologi Radio "Wi-Fi CERTIFIED Miracast"
  • UIBC (User Interface Back Channel)

Dengan kombinasi teknologi tersebut, pengguna dapat mengoperasikan aplikasi di kedua arah, dari perangkat IVI (panel sentuh pada monitor) dan smartphone. Versi yang didukung adalah TIZEN IVI 3.0 untuk perangkat IVI dan TIZEN Mobile 2.2 untuk perangkat mobile seperti smartphone. Sistem ini diklaim dapat secara dramatis meningkatkan pengalaman pengguna untuk pengemudi dan penumpang.

NTT DATA MSE pertama kali menunjukkan layanan ini pada bulan Oktober 2013 saat berlangsungnya pameran Cutting-Edge IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) JAPAN 2013, yang diadakan selama lima hari dari 1-5 Oktober 2013 di Makuhari Messe (Mihama Ward, Chiba City), Tokyo, Jepang. Selain Miracast, NTT DATA MSE waktu itu juga menampilkan beberapa contoh tampilan aplikasi yang berjalan pada Human Machine Interface (HMI) middleware menggunakan TIZEN IVI, seperti fungsi multi-window untuk menampilkan dua aplikasi HTML5 pada saat yang bersamaan di satu layar.

Sebagai salah satu anggota dari Tizen Association Partner Program, NTT DATA MSE mengaku telah memiliki pengalaman dan pencapaian besar untuk TIZEN yang berfokus pada sistem mobile dan IVI. Mereka saat ini telah memiliki 150 engineer yang berpredikat 'Tizen Technical Experts' setelah bekerjasama dengan Tizen Assocition.

Berikut ini video demo layanan Miracast pada TIZEN dari NTT DATA MSE: