Flappy Bird hidup kembali sebagai game HTML5


Menjamurnya kloning Flappy Bird menyusul kepergian game ini secara mendadak dari toko aplikasi resmi saat ini sangat tinggi sekali. Apple App Store dan Google Play sekarang diisi dengan berbagai game yang mengkloning Flappy Bird dalam segala hal. Bahkan perangkat yang masih terinstal versi asli dari game ini dijual di eBay dengan harga $99.999.

Sekarang sudah ada 81 pengembang kloning Flappy Bird (hello, “Flappy Penguin”, “Ironpants”, “Clumsy Bird”, “Flappy Bee” dll) yang bertebaran, dan daftar ini masih terus berkembang.

Kesuksesan aplikasi ini tampaknya telah membuat pencipta Flappy Bird Dong Nguyen menjadi depresi, dan sekarang ia merindukan "kesederhanaan" dari kehidupan lamanya. Dia menarik game sederhana namun adiktif ini dari App Store dan Google Play pada hari Minggu kemarin.

Namun sekarang ada cara untuk bermain game ini tanpa harus mengunduhnya ke ponsel. Game gratis Flappy Bird yang berbasis HTML5 bisa dimainkan langsung dari dalam browser ponsel atau desktop. Ini muncul di sebuah situs yang berisi daftar game sederhana lainnya.

Tidak seperti banyak kloning dari game ini yang dibuat agar terlihat persis seperti aslinya, sesuai dengan balasan twitter Nguyen pekan lalu yang mengatakan siapa pun bisa membuat versi HTML5 dari game buatannya, sebelum Flappy Bird meledak:

Tidak diragukan lagi versi HTML5 lain akan mengikuti, jadi untuk sekarang fenomena Flappy Bird masih tetap berlangsung. Kalau kesulitan menemukan situs yang menyediakan game Flappy Bird versi HTML5, Anda juga bisa memainkannya dibawah ini